Pengunggahan Laporan Akhir Pengabdian kepada Masyarakat Pendanaan DRPM Dikti TA 2019

Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah melaksanakan kegiatan program Pengabdian kepada Masyarakat Mono dan Multi Tahun tahun anggaran 2019.

Berkenaan dengan hal tersebut, para dosen pelaksana Pengabdian di Perguruan Tinggi Saudara agar mengunggah laporan keuangan dan catatan harian paling lambat tanggal 10 Desember 2019 serta mengunggah laporan akhir, capaian hasil, poster, artikel ilmiah dan profil paling lambat tanggal 15 Desember 2019 sesuai kontrak pendanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat antara DRPM dengan ketua Lembaga maupun Kepala LLDIKTI wilayah I – XIV. Pengisian laporan pengabdian kepada masyarakat dilakukan pada simlitabmas.ristekdikti.go.id pada login yang lama.

Perlu kami sampaikan bahwa untuk laporan akhir tidak ditentukan template laporan, namun diharapkan ada poin-poin sebagai berikut:

  1. Halaman sampul, lembar pengesahan, ringkasan, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran.
  2. Pendahuluan (secara ringkas) tentang kondisi dan permasalahan mitra 3
  3. Solusi dan metode kegiatan yang dilaksanakan (termasuk peran mitra baik secara in kind maupun in cash) serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan.
  4. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat berupa peningkatan pada mitra dilaporkan dalam bentuk data terukur dan dapat disajikan dalam bentuk tabel maupun grafik sehingga terlihat peningkatannya (keadaan mitra sebelum dan sesudah kegiatan ditunjukkan dalam bentuk data/grafik/tabel dan foto)
  5. Luaran yang dicapai.
  6. Rencana tindak lanjut/keberlanjutan program pengabdian kepada masyarakat
  7. Daftar pustaka
  8. Lampiran
    1. Indikator capaian hasil sesuai lampiran 1
    2. Berita acara serah terima (contoh berita acara serah terima terlampir pada lampiran 2, atau disesuaikan dengan format Perguruan Tinggi masing-masing)
    3. lampiran berita acara serah terima (contoh lampiran 3)
    4. Fotokopi berita di media massa, reprint artikel ilmiah, HKI, dan bukti luaran lainny

 

Selain perihal diatas tentang isi laporan, daftar lampiran yang perlu dikirimkan ke email ppm.drpm@gmail.com yaitu

  1. Indikator capaian hasil dalam bentuk word dengan nama file indikatorcapaianhasil_nama dosen_skema_nama PT dikirimkan ke email ppm.drpm@gmail.com dengan subyek indikatorcapaianhasil_nama dosen_skema_nama PT
  2. Lampiran berita acara serah terima pada lampiran 3 dibuat juga dalam bentuk excel dengan format nama file bast_nama dosen_skema_nama PT dikirimkan ke email ppm.drpm@gmail.com dengan subyek bast_nama dosen_skema_nama PT

Selanjutnya Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) akan melakukan pengecekan terhadap kelengkapan dokumen. Apabila ternyata ada yang belum melaporkan secara lengkap, maka dosen yang bersangkutan dianggap masih mempunyai tunggakan dokumen pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SIMLITABMAS, serta proposal yang bersangkutan yang diajukan untuk pendanaan pada tahun 2020 dapat dibatalkan.

Kelengkapan dokumen di Simlitabmas yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Laporan akhir,
  • Laporan keuangan 70 % dan 30%,
  • Catatan harian,
  • Laporan kemajuan 70%,
  • Tambahan bagi skema mono tahun dan skema multi tahun pada tahun terakhir ada berkas seminar hasil yang berisi:
    • Capaian hasil, – Poster, – Artikel ilmiah, – dan profil.

 

Demikian Kami sampaikan Atas Pehatian dan Kerjasamanya Di Ucapkan Terimakasih

Contoh Lampiran borang capaian

Contoh Lampiran Berita Acara Serah Terima

Surat Pengunggahan laporan akhir Pengabdian kepada Masyarakat




Seleksi Proposal Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi (PDUPT) Sumber Dana PNBP ULM Untuk Pendanaan Tahun Anggaran 2020

LPPM News ”   Dalam Rangka menciptakan keunggulan penelitian perguruan tinggi di LIngkungan Universitas Lambung Mangkurat, Perguruan tinggi harus mampu menciptakan atmosfir semangat meneliti ditengah civitas akademiknya. Sehingga, diharapkan para Dosen/peneliti diruang Lingkup perguruan tinggi mampu menelurkan lebih banyak hasil penelitian yang berkualitas, dan bermanfaat bagi institusinya sendiri khususnya, serta bagi masyarakat luas. Lembaga Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ULM Mendanai Dosen/Peneliti Untuk Melakukan Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi Untuk Tahun Anggaran 2020. Pada Kamis, 12 Desember 2019 LPPM Mengundang 24 Reviewer Bersetifikst yang ada di lingkungan ULM untuk menyeleksi Proposal yang akan didanai Pada tahun 2020,