“Workshop Penyamaan Persepsi Penyusunan RAB Dan Pelaporan Keuangan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat”

image_pdfimage_print

 

Kegiatan “Workshop Penyamaan Persepsi Penyusunan RAB Dan Pelaporan Keuangan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat”

Diadakan Pada :

  • Hari/Tanggal  : Jum’at, 16 Oktober 2020
  • Via Zoom        : https://bit.ly/2GZCeno
  • Meeting ID      : 948 7128 9435
  • Passcode        : 637808
  • You Tube         : On Live LPPM ULM

Narasumber        : Dr. Novita Weningtyas R, SE, M.SI, AK, CA

Pembuka Acara : Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.SI, M.Sc

Moderator           : Dr. Leila Ariyani Sofia, S.Pi, M.P

  • MC       : Syati Irawati, SE, MM, AK
  • Doa      : Pardi Affandi, S.SI.,M.Si
  • Host     : Muhammad Wira Yudha, S.Kom

Perencanaan pembiayaan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan Penelitian/Pengabdian. Sejumlah dana penelitian/pengabdian yang dialokasikan dalam suatu perencanaan pembiayaan dengan baik dan tepat tentunya akan berdampak besar terhadap keberhasilan kegiatan penelitian/pengabdian.

Perencanaan pembiayaan menjad acuan dan juga sebagai bahan evaluasi bagi peneliti/pengabdi dalam penggunaan sumber daya sehingga diharapkan nantinya terjadi penghematan/efisiensi penggunaan sumber daya  khususnya modal kapital.

Laporan Keuangan tentunya harus disusun sesuai dengan ketentuan keuangan yang berlaku. Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman dan penyamaan persepsi bagi peneliti/pengabdi terkait perencanan dan pelaporankeuangan.Pada kesempatan ini Dr. Leila Ariyani Sofia, S.Pi, MP, selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Webinar  memberikan laporannya bahwa peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 366 peserta yang berasal dari 11 Fakultas di Lingkungan Universitas  Lambung Mangkurat , Pusat Study LPPM ULM dan Perguruan Tinggi Swasta di Kalimantan Selatan seperti UNISKA, Politeknik Tanah Laut, STIKIP PGRI Banjarmasin, Universitas Veteran Ahmad Yani Banjarmasin.

Dalam sambutannya Ketua LPPM ULM, Prof. Dr. Ir. H. Danang Biyatmoko, M.Si mengatakan Kegiatan webinar hari ini  dipandang penting dalam rangka : Pencerahan dan persepsi yang sama terkait penyusunan RAB dan Pelaporan pertanggung jawaban Keuangan yang benar dalam penelitian Dosen Wajib Meneliti dan program Pengabdian PNBP mulai Tahun 2020 ini, Mengeliminir sekecil mungkin tingkat kesalahan yang mungkin terjadi saat penyusunan RAB dan Pelaporan Keuangan (SPTB/SPTJB Penelitian dan SPTJB Pajak), Memberi rasa aman bagi peneliti dan pengabdi, Menyamakan format laporan keuangan untuk dibakukan dan dipakai sbg acuan di tahun-tahun selanjutnya.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi yang sangat besar dari Rektor Universitas Lambung Mangkurat ,Prof Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si, M.Sc yang berkenan hadir dan sekaligus membuka kegiatan webinar ini.

LPPM ULM berusaha memfasilitasi kegiatan ini dengan mendatangkan narasumber yang berkompeten dibidang keuangan yaitu Dr. Novita Weningtyas Respati, SE. M.Si, Ak, CA Kepala Satuan Pengawas Internal ULM, dan sebagai moderator Dr. Leila Ariyani Sofia, S.Pi, MP Sekretaris LPPM ULM.

Tujuan, dan target kegiatan ini dapat dirasakan  peserta semoga akan memberi pencerahan yang berarti bagi penyempurnaan Pelaporan Keuangan para peneliti dan pengabdi program PNBP, baik Dosen wajib meneliti maupun program pengabdian PNBP Tahun 2020. LPPM  berharap semoga kegiatan ini akan mampu menstimuli atau mentriger semangat baru bagi para dosen peneliti maupun pengabdi untuk terus mengasah kemampuan mengusulkan usulan-usulan baru tidak hanya di P2M PNBP, tetapi ke skim-skim DRPM dengan dana lebih tinggi walaupun dengan konsekuensi mutu proposal yang lebih kompetitif. (By SI)