1

LOKAKARYA KKN PPM HYBRID ULM TAHUN 2021


Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagaimana peraturan Ditjen Belmawa adalah kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa, di tingkat Perguruan Tinggi, dimana dalam penyelenggaraannya dibawah koordinasi LPPM. Lokakarya KKN PPM Hybrid Tahun 2021 ini dilaksanakan dalam 2 sesi dimana sesi pertama pada  tanggal 21 Agustus 2021 dan sesi kedua dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2021 secara daring dengan dihadiri lebih dari 600 peserta baik dari mahasiswa, dosen pembimbing lapangan dan tamu undangan. Pada lokakarya kali ini ditampilkan video hasil kegiatan mahasiswa KKN yang kreatif, inovatif dan berdedikasi, dengan moderator Rifiana, SP., MP.


Ketua LPPM ULM, Prof. Dr. Ir. H. Danang Biyatmoko, M. Si,  dalam sambutannya mengatakan ” LPPM juga sangat mengapresiasi atas dedikasi mahasiswa mengemas program kerja yang dilaksanakan semua kelompok peserta KKN  yang sudah sangat baik, sangat kreatif, sangat inspiratif serta memberi kemanfaatan yang signifikan dalam memberi solusi terhadap kompleksitas  pemecahan permasalahan yang ada di masyarakat berdasarkan pendekatan multidisipiner keilmuan mahasiswa peserta KKN Hybrid”.

Sekretaris LPPM ULM, Dr. Leila Ariyani Sofia, S.Pi, MP. Dalam sambutannya pada sesi kedua mengatakan ” Meskipun KKN masih dilaksanakan dengan  model campuran (hybrid), namun tidak mengurangi semangat para mahasiswa untuk melaksanakan KKN  dan juga  Dosen Pemimbing Lapangan  sebagai ujung tombak kegiatan  berusaha semaksimal mungkin mendampingi dan membimbing mahasiswa di lapangan dan dalam penyusunan laporan kegiatan’.


Yang tak kalah menarik dalam pelaksanaan lokakarya kali ini adalah kesan dan pesan yang diberikan oleh perwakilan mahasiswa KKN PPM Hybrid ULM dari Filipina yaitu  Mara Felea Mansueto yang dalam sambutannya mengatakan In doing this KKN Program in the Philippines made us realized how important it is to serve the community even if it’s just a small act of helping, this pandemic made us realize that even if it’s big or small it can help some people to survive everyday”.

 

Lokakarya ini ditutup oleh  Ketua Pelaksana KKN PPM Hybrid ULM  Tahun 2021, DR. Gunawan, S.Si, M.Si.  yang dalam sambutannya beliau mengatakan  ”Program KKN ini akan lebih baik lagi untuk kedepannya dan membawa kebermanfaatan bagi masyarakat Kalimantan Selatan”.



Semoga pada masa mendatang KKN-PPM  dapat dilaksanakan secara luring sehingga dapat lebih memaksimalkan pemberian pengalaman belajar dan bekerja mahasiswa di masyarakatdan masyarakat sebagai mitra juga mendapatkan manfaat lebih, terutama pemecahan atau solusi atas permasalahan yang ada di desa. (by SI)






LAUNCHING JURNAL PENGABDIAN ILUNG LPPM ULM Edisi Perdana Vol 1 No. 2 November 2021


LAUNCHING JURNAL PENGABDIAN ILUNG LPPM ULM Edisi Perdana Vol 1 No. 1 (e- ISSN, doi) &

CALL FOR PAPERS

Vol.1 No.2 November 2021 Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul) LPPM Universitas Lambung Mangkurat 

Memberikan kesempatan kepada rekan sejawat dosen/peneliti untuk memasukkan naskah/ artikel/makalah ilmiah hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Lingkup kajian: 

(1) Kemandirian dan Ketahanan Pangan dan Kesehatan, 

(2) Ketahanan energi, material maju dan infrastruktur, 

(3) Pengelolaan sumberdaya alam, lingkungan dan bencana, (4) Pendidikan dan seni budaya, 

(5) Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan 

(6) Sosial humaniora

 

Jurnal Pengabdian ILUNG merupakan jurnal publikasi ilmiah hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang terbit 3 edisi dalam setahun (bulan Maret, Juli dan November). 

 

JURNAL PENGABDIAN ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul)

LPPM Universitas Lambung Mangkurat

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kotak Pos 219 Banjarmasin 70123

Telp/Fax: (0511) 3305240 

Email : jurnal.ilung@ulm.ac.id

Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/ilung/index

 

Batas akhir pengiriman naskah di OJS tanggal 10 Oktober 2021

Biaya kontribusi untuk penerbitan (online) Rp. 250.000

CP: 0813 5130 0050 (Sekretaris Redaksi) 

 

Pengiriman naskah/registrasi :

https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/ilung/index

Unduhan Panduan Penulisan: https://s.id/ALm5Q

 

e-ISSN 2798-0065