Penelitian Fakultas 2016

PENELITIAN FKIP

  
Tahun 2016
Pembiayaan Sendiri Oleh Peneliti
NoJudul
1Developing Authentic Language Materials by Utilizing The Local Tourism Resources
2Identifikasi Miskonsepsi Kimia Materi Laju Reaksi Pada Siswa Sma Negeri Banjarmasin Jurusan Ipa
3Indonesian Chinese's Cultural Behavior Represented in Indonesian Novels of Post Tragedy in 1998
4Peningkatan Kemampuan Lari Jarak Pendek Melalui Pendekatan Bermain Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Merah Kec. Awayan Kab. Balangan
5Pola Pendidikan Anak Masyarakat Dayak di Era Globalisasi Daerah Aliran Sungai Barito Kab. Barito Kuala
6Studi penyebaran dan rasio Guru Missmatch di SMA Negeri se Kabupaten Hulu Sungai utara sebagai Upaya Penyediaan Data dasar Penetapan rekruitmen dan Penempatan Guru Baru
7Upaya Meningkatkan Keterampilan Berguling Kedepan melalui Metode Pembelajaran Part-Whole Pada Siswa SDN Kelayan Selatan 2 Banjarmasin
8Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Membina Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas VII SMPN Di Banjarmasin.
9Implementasi Reciprocal Taching dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika terhadap Konsep Umum Gelombang dan Optik.
10Upaya Mengembangkan Kognitif Anak Dalam Mencocokan Bilangan Dengan Lambang Bilangan Dengan Kombinasi Model Examples Non Examples dan Make a Match di Kelompok B Tunas Mekar Banjarmasin Timur.
11Upaya Mengembangkan Aspek Motorik Halus Dalam Mewarnai Bentuk Gambar Sederhana Melalui (Finger Painting) Mengunakan Kombinasi Model Explicit Instruction dan Metode Demonstrasi Pada Kelompok B1 TK Promnas Banjarmasin Utara.
12Upaya Mengembangkan Aspek Motorik Halus (Menjiplak Bentuk) Melalui Metode Demonstrasi dan Pemberian Tugas pada Anak Kelompok A Di TK Aisyiyah 7 Banjarmasin Timur.
13Upaya Mengembangkan Aspek Bahasa (Melanjutkan Sebagian Cerita/Dongeng Yang Telah Di Perdengarkan) Melalui Metode Bercerita Dikombinasi Model Talking Stick dan Examples Non Examples pada Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Banjarmasin.
14Mengembangkan Aspek Kognitif Anak dalam mencocokan Bilangan dengan Lambang Bilangan menggunakan Model Make A match dan Metode Pemberian tugas pada Anak kelompok B1 TK Idhata II Banjarmsin Timur.
15Upaya Mengembangkan Aspek Bahasa (Menjawab Pertanyaan dengan Lebih Kompleks) Menggunakan Media Gambar Dan Model Talking Stickpada Anak Kelompok B di Ra Al Mushallun Handil Bakti.
16Upaya Mengembangkan Aspek Bahasa Menceritakan Kembali Cerita/Dongeng yang Pernah Didengar Melalui Model Picture And Picture Dan Metode Bercerita Menggunakan Media Papan Flanel Pada Kelompok A di Paud Terpadu AlQurba Banjarmasin Utara.
17Upaya Meningkatkan Aspek Nilai Agama dan Moral Dalam Berperilaku Baik Melalui Metode Bercerita Berkombinasi dengan Examples Non Examples dan Role Playing Pada Kelompok A di TK. Insan Azkia Banjarmasin.
18Upaya Mengembangkan Aspek Bahasa dalam Menjawab Pertanyaan yang Lebih Kompleks Dengan Metode Bercerita Dipadukan Dengan Model Talking Stick dan Example Non Example pada Anak Kelompok B 2 TK Idhata II Banjarmasin.
19Upaya Mengembangkan Aspek Motorik Halus Menempel Gambar Melalui Metode Pemberian Tugas dengan Media Quiling pada Kelompok B TK Negeri Pembina Banjarmasin Timur.
20Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak dengan Menggerakkan Lengan Untuk Kelenturan Kekuatan Otot dan Koordinasi Melalui Model Demonstration dan Metode Praktik Langsung Di Kelompok B Di Tk Kristen Kanaan Banjarmasin.
21Upaya Mengembangkan Aspek Nilai-Nilai Agama Dan Moral Meniru Gerakan Ibadah (Shalat) Melalui Model Role Playing dengan Kombinasi Picture And Picture dan Talking Stick Dikelompok A Tk Tunas Mekar Sungai Lulut Banjarmasin Timur.
22Upaya Mengembangkan Aspek Kognitif (Mengenal Pola Ab-Ab Dan Abc-Abc) Menggunakan Model Example Non Example dengan Kombinasi Model Explicit Intruction dan Metode Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok A di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banjarmasin.
23Mengembangkan Aspek Kognitif Mencocokkan Bilangan dengan Lambang Bilangan Menggunakan Model Explicit Instruction dan Metode Bermain Pada Kelompok B di TK Islam Bakti I Banjarmasin.
24Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak dalam (Mengulang Kalimat Sederhana) Melalui Kombinasi Model Role Playing Dan Metode Bercerita dengan Media Boneka Jari Kelompok A di TK Kartika V-21 Banjarmasin.
25Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa dalam Menjawab Pertanyaan Yang Lebih Kompleks Melalui Model Picture And Picture Kombinasi Dengan Model Talking Stick pada Anak Kelompok B di TK Puspa Kencana Banjarmasin.
26Upaya Mengembangkan Aspek Motorik Halus (Menempel Gambar Dengan Tepat) Melalui Metode Demonstrasi dan Pemberian Tugas Menggunakan Media Kolase pada Anak Kelompok B di TK Akhlaqul Karimah Banjarmasin.
27Upaya Pengembangan Aspek Bahasa (Menjawab Pertanyaan Sederhana) Melalui Metode Bercerita Dan Model Talking Stick pada Anak Kelompok A di TK Kartika V-21 Banjarmasin.
28Upaya Mengembangkan Aspek Nilai-Nilai Agama dan Moral dalam Membedakan Perilaku Baik dan Buruk Menggunakan Model “Example Bon Example” Di Kombinasikan Dengan Metode Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banjarmasin.
29Upaya Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Dalam Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Model Make A Match Kelompok A Di TK Negeri Pembina Banjarmasin Timur.
30Upaya Mengembangkan Aspek Kognitif (Menunjukkan Aktifitas Yang Bersifat Eksploratif Dan Menyelidik) Melalui Metode Eksperimen Sederhana Membuat Ice Cream Di Kelompok B Tk Madinaturramlah Banjarmasin.
31Upaya Meningkatkan Aspek Bahasa ( Menjawab Pertanyaan Yang Lebih Kompleks ) Melalui Metode Bercerita Dikombinasi dengan Role Playing dan Picture And Picture pada Kelompok B Tk Aisyiyah 7 Banjarmasin Timur.
32Upaya Mengembangkan Aspek Kognitif Mengenal Sebab Akibat Tentang Lingkungannya Melalui Model Picture And Picture Dikombinasi dengan Model Explicit Instruction Dan Metode Bercerita Pada Anak Kelompok B Taman Kanak – Kanak Trisula III Perwari Banjarmasin.
33Mengembangkan Aspek Kognitif Mencocokkan Bilangan Dengan Lambang Bilangan Menggunakan Model Explicit Instruction Dan Metode Bermain Pada Kelompok B Di TK Islam Bakti I Banjarmasin.
34Upaya Mengembangkan Motorik Halus (Menempel Gambar Dengan Tepat) Melalui Metode Demonstrasi Dikombinasikan Dengan Metode Proyek Menggunakan Teknik Mozaik Bahan Dasar Beras Dan Biji-Bijian Pada Kelompok B Di TK Taruna Banjarmasin.
35Upaya Mengembangkan Aspek Bahasa (Mengenal Perbendaharaan Kata Mengenai Kata Sifat) Melalui Kombinasi Metode Bercerita Dengan Media Boneka Jari dan Model Example Non Example di Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Banjarmasin.
36Upaya Mengembangkan Aspek Nilai – Nilai Agama Dan Moral Didalam Meniru Gerakkan Beribadah (Berwudhu) Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Kombinasi Explicit Intruction Dengan Media Papan Flanel Pada Anak Kelompok A di TK Islam Himmah Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin
37Upaya Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Menunjukkan Aktivitas yang Bersifat Eksploratif Dan Menyelidik Menggunakan Metode Eksperimen Dan Model Make A Match Pada Kelompok B Ra Raudhatul Jannah Jln Sungai Miai dalam Kota Banjarmasin.
38Upaya Mengembangkan Aspek Nilai-Nilai Agama Dan Moral (Meniru Gerakan Sholat) Menggunakan Model Role Playing Dan Explicit Insturaction Dikombinasikan Dengan Model Picture And Picture Pada Anak Kelompok A Di TK Kartika V-29 Banjarmasin.
39Upaya Mengembangkan Aspek Motorik Halus Menempel Gambar Dengan Tepat Melalui Model Explicit Instruction Dikombinasikan Dengan Metode Demonstrasi Dan Teknik Kolase Menggunakan Media Bahan Alam Pada Anak Kelompok B TK Harapan Bangsa Banjarmasin.
PT/Yayasan Yang Bersangkutan
NoJudul
1Analisis Butir Soal OSN SD/MI Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2016
2Analisis Butir Soal Physics Competition (Physton) Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unlam Banjarmasin Tahun 2016
3Analisis Potensi Eko-Wisata Bahari dan Budaya di Pulau Kerayaan Kabupaten Kotabaru
4Analisis Tentang Ide Bisnis Mahasiswa dan Model Pengembangannya (Studi Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-UNLAM Banjarmasin)
5Analisis Teoritik Terhadap Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sendratasik FKIP ULM
6Antropolinguistik dalam Mantra Tradisi Mambuntang Masyarakat Dayak Maanyan di Lahan Basah
7Berpikir Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Gaya Kognitif
8Cinderella Dalam Arus Perubahan Sosial (Telaah Sosial Budaya Terhadap Film Cinderella)
9Developing Authentic Language Materials by Utilizing The Local Tourism Resources
10Developing Students’ Intelligent Character throughLinguistic Politeness: The Case of English as a Foreign Language for Indonesian Students
11Dinamika Kepemimpinan Masyarakat Dayak di Desa Juhu, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Tahun 1980-2012
12Eksplorasi Bentang Emas Hitam: Penambangan Batubara di Wilayah Pengaron, Distrik Riam Kiwa Afdeeling Martapoera, Tahun 1849-1859
13Evaluasi Kinerja Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Kabupaten Kotabaru
14Evaluasi Pelaksanaan Perkuliahan Praktek Fisika Sekolah Menengah (SM) 3 dalam rangka meniapkan mahasiswa pendidikan fisika FKIP Unlam menghadapi PPL II
15Evaluasi pelaksanaan program pendidikan inklusif sekolah dasar di kotamadya Banjarmasin
16Gagasan Pengembangan Berpikir Historis Pada Pembelajaran Sejarah di SMA
17Gagasan Pengembangan Berpikir Historis Pada Pembelajaran Sejarah di SMA
18Identifikasi Keterampilan Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ipa Fkip Unlam
19Identifikasi Miskonsepsi Kimia Materi Laju Reaksi Pada Siswa Sma Negeri Banjarmasin Jurusan Ipa
20Identifikasi potensi air tanah pada sumur bor di lahan rawa sebagai suplemen materi kuliah hidrologi dan lingkungan
21Identifikasi Profil Pemahaman Konsep Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP ULM dan Hubungannya dengan Kecerdasan Majemuk dan Gaya Belajar
22Identifikasi Tingkat Literasi Sains Siswa Smp Kotamadya Banjarmasin
23Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Perkuliahan Entomologi dalam rangka meningkatkan proses dan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP ULM pada Semester Genap 2015/2016
24Implementasi Pengolahan Sumur Bor Dalam ( Deep Well ) Untuk Mengatasi Kebakaran Lahan Gambut ( Peat Land ) Sebagai Pendekatan Pembelajaran IPA Berbasis Lahan Basah Di Kota Banjarbaru.
25Implementasi Self dan Peer Assesment untuk Meningkatkan Kualitas Perangkat Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unlam
26Interferensi Bahasa Indonesia dalam Kisah Bahasa Banjar Mahasiswa PS-PBSI FKIP UNLAM Banjarmasin
27Isolasi dan Karakterisasi Asam Humat dari Tanah gambut dan Air hitam Lahan Gambut tanah rawa
28Jaringan dan Strategi Ekonomi Suku Bugis di Afdeeling Tanah Boemboe Pada Masa Akhir Kekuasaan Hindia Belanda, Tahun 1930-1942
29Kajian Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Banjarmasin
30Kajian Pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Tanah Bumbu
31Kategorisasi Dan Diferensiasi Sosial Di Kalangan Masyarakat Lahan Basah (Studi Atas Masyarakat Desa Loksado Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan)
32Keanekaragaman Plankton pada Perairan Bagian Muara Sungai Barito sebagai Bahan Ajar Berbasis Poster bagi Mahasiswa
33Keberadaan Tari Naik Manau Suku Dayak Deyah Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan (Kajian Bentuk Pertunjukan)
34Kemampuan Guru dalam Mamanfaatkan dan Mengembangkan Media Pembeajaran Melalui Lesson Study Sebagai Model Pembinaan Profesional Guru
35Kemampuan Matematis Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Gaya Kognitif dan Gender
36Kemelimpahan Ikan di Waduk Riam Kanan (Bukit Batas) Desa Tiwingan Baru Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar sebagai Bahan Pengayaan Mata Kuliah Ekologi Hewan
37Keragaman Jenis Ikan di Waduk Riam Kanan Desa Tiwingan Lama Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar, sebagai Bahan Pengayaan Mata Kuliah Zoologi Vertebrata berupa Handout (Ketua)
38Kerjasama Masyarakat Desa Loklahung Sebagai Indigenous People Dari Perspektif Gemeinschaft Di Desa Loklahung Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan
39Kesesuaian Aspek Pedagogi Pendekatan Saintifik dan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Pada SMA Negeri 7 Banjarmasin)
40Komposisi Dan Struktur Tegakan Di Bantaran Estuaria Takisung Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut.
41Komunikasi Matematis Tulis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Menggunakan Penggaris Dan Busur
42Konstruksi Lisbeth Salander dalam novel "The Girl With Dragon Tattoo" karya Stieg Larsson
43Kontribusi Pemanfaatan Media Berbasis Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Antasari Martapura
44Kontribusi Pemanfaatan Media Berbasis Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran IPS Di SMP/MTs Sederajat Di Kota Banjarmasin
45Korelasi Hasil Belajar Mata Kuliah Prasyarat Matriks dan Aljabar Linear Elementer Mahasiswa Angkatan 2014 pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lambung Mangkurat
46Lesson Study sebagai Media Bagi Guru SMP untuk Membangun Komunitas Belajar Siswa dengan Memanfaatkan Tema Berbasis Lahan Basah
47Memaksimalkan penggunaan tongkat untuk menumbuhkan rasa percaya diri saat berjalan pada anak Tunanetra di SLBN Fajar Harapan Martapura
48Meningkatakan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif
49Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di Kelas Lintas Minat X SOS 2 SMA Negeri 2 Banjarmasin Melalui Model Project Based Learning (PjBL)
50Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Melalui Peneraoan Lesson Study dalam Pembelajaran Mata Kuliah PPL I
51Laporan Akhir Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi Kajian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris Berkearifan Lokal Tingkat Smpn Di Kota Banjarmasin. Project Report.
52Musik Kuriding Masyarakat Kalimantan Selatan (Kajian Organologi)
53Nilai-Nilai Kejuangan Masyarakat Banjar Periode Revolusi Fisik (1945-1949) Sebagai Sumber Belajar Pendidikan IPS
54Evaluasi pelaksanaan program pendidikan inklusif sekolah dasar di kotamadya Banjarmasin
55Nilai-Nilai Pendidikan Biografis Prof. Kustan Basri Sebagai Sumber Pembelajaran Pendidikan IPS
56Pandangan Masyarakat Nelayan Tentang Pentingnya Sanitasi Lingkungan Di Desa Sarang Tiung Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan
57Peingtegrasian Objek Lahan Basah dalam Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Fisika SMA pada Setting Pengajaran Langsung
58Pembelajaran Matematika dalam setting pendidikan inklusif SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin
59Pemetaan Laboratorium Alam IPS Pada Lahan Basah di Kota Banjarmasin
60Pemilihan Bahasa oleh Penutur Asli Bahasa Daerah Mahasiswa di Kota Banjarmasin
61Penerapan Multimodel Computer Support Collaborative Learning dan Retro-synthesis (CSCL-Retrosintesis) untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual dan Hasil Belajar Mahasiswa Kimia tentang Stereokimia dan Sintesis Organik
62Pengaruh Bahasa Indonesia dalam Pantun Banjar Mahasiswa PS-PBSI FKIP ULM Banjarmasin
63Pengaruh Latihan Plyometric Double Leg Speed Hop Terhadap Power Otot Tungkai Pada Atlet Voli
64Pengaruh Latihan Plyometrik Skipping Untuk Meningkatkan Kemampuan Smash pada Tim Sepak Takraw Putera Kabupaten Hulu Sungai Selatan
65Pengaruh Latihan SKJ 2012 Dengan SRIBU Terhadap Kebugaran Jasmani Peserta Didik SDN Batu Balian 3 Kabupaten Banjar
66Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lingkungan Bantaran Sungai Barito untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Negeri 1 Marabahan
67Pengembangan bahan ajar mata kuliah Ekologi Tumbuhan konsep populasi berbasis hasil penelitian teradap Struktur Populasi Tumbuhan di kawasan Rawa Kalang desa Hakurung Daha Utara Hulu Sungai Selatan
68Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal Lahan Basah Untuk Meningkatkan Karakter Wasaka
69Pengembangan Modul Fisika Berbasis Lahan Basah untuk Melatihkan Karakter Wasaka
70Pengembangan Perangkat Ipa Terpadu Perubahan Benda-Benda Dengan Pemodelan Inkuiri Terbimbing
71Pengembangan Softskill Menulis Dan Komunikasi Mahasiswa Melalui Kuliah Jurnalistik
72Pengembangan Softskill Menulis dan Komunikasi Mahasiswa melalui Mata Kuliah Jurnalistik
73Penggunaan media baju planel bolu gulung untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak Cerebral Palsy
74Pengintegrasian Objek Lahan Basah dalam Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Fisika SMA pada Setting Pembelajaran Langsung
75Penguatan Building capacity masyarakat pesisir di Kabupaten Tanah Laut
76Penguatan Pembelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama melalui Pengembangan Bahan Ajar dan Asesmen Berbasis Potensi Lokal
77Peran MGMP dalam Meningkatkan Profisionalisme Guru PKn Kota Bjm
78Peranan BPSK Kota Banjarmasin dalam Penyelesaian Sengekat Konsumen di Luar Pengadilan
79Perkembangan Musik Maulud Habsy di Kalimantan Selatan
80Pola Hubungan Sosial Pedagang Intan Dalam Perdagangan Intan Di Kota Martapura, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan
81Prestasi Akademik dan Ekonomi Keluarga Mahasiswa Pendidikan Ilmu Komputer
82Profil Pengemis Di Kawasan Pemakaman Syekh Muhammad Arsyad Albanjari Di Desa Kalampaian Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan
83Prospek Home Industri Tanggui Sebagai Industri Kerajinan Rumah Tangga Di Kelurahan Alalak Selatan Kec. Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin Pasca Krisis Ekonomi Global
84Prospek Usaha Tanggui Sebagai Kerajinan Rumah Tangga di Kelurahan Alalak Selatan Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin Pasca Krisis Ekonomi Global
85Rancangan Model Buku Sejarah Lokal Banjar untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) di Kalimantan Selatan
86Relevansi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Penjas Orkes Melalui Ekstra Kurikuler Terhadap Kebutuhan Stakeholder Pendidikan Banjarbaru
87Screening Potensi Lahan Basah Kabupaten Batola Dan Kota Banjarmasin Sebagai Sumber Belajar IPA SMP
88Status Gizi Peserta Didik SDN Murung Raya 5 Banjarmasin Selatan Ditinjau Dari Latar Belakang Penghasilan Orang Tua
89Strategi Pengembangan Usaha Berbasis Komunitas (Studi atas Usaha Wahana Pemancingan Ikan (Lesehan) di Jalan Irigasi Desa Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, Kalsel)
90Strategi peningkatan profesionalisme guru dalam meningkatkan penelitian tindakan kelas (PTK) dan publikasi ilmiah di Kota Banjarmasin
91Studi Penyebaran dan Rasio Guru Missmatch SMA Negeri Se Kabupaten Hulu Sungai Utara Sebagai Upaya Penyediaan data dasar Penetapan Rekmutmen dan Penempatan Guru Baru.
92Studi tentang context, input. Product dan outcome di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif
93Survei Pemanfaatan Teknologi Informasi dan komunikasi pada SMP/SMA/Sederajat di Kota Banjarmasin
94Teachers’ Talk in Teaching and Learning English in the Classroom: A Case Study
95Teknik Permainan Simulasi Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Studi Pada Siswa Kelas VII SMPN 15 Banjarmasin)
96Pengembangan bahan ajar mata kuliah Ekologi Tumbuhan konsep populasi berbasis hasil penelitian terhadap Struktur Populasi Tumbuhan di kawasan Rawa Kalang desa Hakurung Daha Utara Hulu Sungai Selatan.
97Analisis Butir Soal OSN SD/MI Provinsi Kalimantan Selatan.
98Optimalisasi Pengelolaan Tanaman Aren (Arenga Pinnata) Berbasis Kearifan Lokal Menghadapi Ekspansi Perkebunan Kelapa Sawit (Simulasi Desa Papuyuan, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan).
99Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Perkuliahan Entomologi dalam rangka meningkatkan proses dan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP ULM pada Semester Genap 2015/2016.
100Teknik Permainan Simulasi Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Studi Pada Siswa Kelas VII SMPN 15 Banjarmasin).
101Survei Pemanfaatan Teknologi Informasi dan komunikasi pada SMP/SMA/Sederajat di Kota Banjarmasin.
102Kajian Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Banjarmasin.
103Prestasi Akademik dan Ekonomi Keluarga Mahasiswa Pendidikan Ilmu Komputer.
104Pengembangan Media Permainan untuk Pengenalan Lahan Basah Berbasis Aplikasi Mobile.
105Kemampuan Matematis Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Gaya Kognitif dan Gender.
106Berpikir Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometris berdasarkan Gaya Kognitif.
107Korelasi Hasil Belajar Mata Kuliah Prasyarat Matriks Dan Aljabar Linear Elementer Mahasiswa Angkatan 2014 Pada Program Studi Pendidikan Matematika Fkip Universitas Lambung Mangkurat.
108Komunikasi Matematis Tulis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Menggunakan Penggaris Dan Busur.
109Peingtegrasian Objek Lahan Basah dalam Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Fisika SMA pada Setting Pengajaran Langsung.
110Upaya Mengembangkan Aspek Kognitif (Mengenal Benda Berdasarkan Fungsinya) Melalui Kombinasi Model Explicit Instruction dan Make A Match serta Media Topi Pada Anak Kelompok A di TK Idhata II Kecamatan Banjarmasin Timur.
111Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa dalam Memahami Cerita Yang Dibacakan Melalui Perpaduan Metode Bercerita dan Model Talking Stick Di Kelompok A TK Al-Kautsar Sungai Lulut Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.
112Kajian Perkembangan Musik Panting di Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan.
113Upaya Mengembangkan Aspek Motorik Halus (Menempel Gambar dengan Tepat) Melalui Model Explicit Instruction Dan Mozaik di Kelas B Tk Permata Bunda Desa Karang Intan Martapura.
114Upaya Mengembangkan Aspek Nilai – Nilai Agama Dan Moral Didalam Meniru Gerakkan Beribadah (Berwudhu) Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Kombinasi Explicit Intruction Dengan Media Papan Flanel Pada Anak Kelompok A Di TK Islam Himmah Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin.
115Upaya Mengembangkan Aspek Fisik Motorik Halus (Meniru Melipat Kertas Origami 1-7 Lipatan ) Sesuai Dengan Media Gambar Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction Dan Metode Pemberian Tugas Di Kelompok B Tk Al Munawwarah Banjarmasin.
116Upaya Pengembangan Aspek Motorik Kasar Melakukan Gerakan Melompat, Meloncat, Berlari Secara Terkoordinasi Melalui Model Explicit Instruction Dikombinasikan Model Talking Stickdan Media Simpai pada Anak Kelompok A Di TK Aisyiyah Busthanul Atfhal XIII Banjarmasin.
117Upaya Mengembangkan Aspek Motorik Halus (Menempel Gambar Dengan Tepat) Melalui Model Explicit Instruction Dan Mozaik Di Kelas B Tk Permata Bunda Desa Karang Intan Martapura.
118Sanggar ading bastari sebagai basis pelestarian kesenian dalam bermain alat musik panting.
119Keberadaan Tari Naik Manau Suku Dayak Deyah Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan (Kajian Bentuk Pertunjukan).
120Perkembangan Musik Maulud Habsy di Kalimantan Selatan.
121Musik Kuriding Masyarakat Kalimantan Selatan (Kajian Organologi).
Kemdiknas/Kementerian lain terkait
NoJudul
1Analisis Ekosistem Mangrove Di Muara Sungai Barito
2Desain dan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Termodinamika untuk Melatihkan Keterampilan Penyelesaian Masalah ( Problem Solving ) dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa
3Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Berbasis Pembiasaan Di Kota Banjarbaru
4Kajian Perkembangan Musik Panting di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan
5Keterlibatan stakeholder dalam pengelolaan Pasar Terapung Lok Baintan Provinsi Kalimantan Selatan
6Mitigasi gas metan padi varietas lokal lahan pasang surut di Provinsi Kalimantan Selatan
7Model Manajemen pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir Kawasan Pertambangan di Kabupaten Kotabaru (tahun kedua)
8Pemetaan potensi wisata Pasar Terapung Lok Baintan Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (tahun kedua)
9Pengembangan Bahan Ajar Topik Teori Kinerik Gas pada Mata Kuliah Termodinamika untuk Melatihkan Penalaran Proporsional dalam Setting Pengajaran Langsung
10Pengembangan Eko Wisata Budaya Bahari Di Pulau Kerayaan Kabupaten Kotabaru
11Pengembangan Nilai-Nilai Karakter pada Siswa SDN di Kabupaten Banjar
12Perkembangan Moral Siswa SMP di Kota Banjarmasin terhadap Permasalahan Bantaran Sungai melalui Penyelesaian Masalah
13Uji Coba Model Pembelajaran Konstruktivis i-SMART untuk Melatih Keterampilan Metakognisi Siswa dan Pemecahan Masalah Kimia SMA
14Perkembangan Moral Siswa SMP di Kota Banjarmasin terhadap Permasalahan Bantaran Sungai melalui Penyelesaian Masalah.
15Penjenjangan dan identifikasi perkembangan moral siswa SMP terhadap penyelesaian masalah bantaran sungai di Kalimantan Selatan.
16Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Berbasis Pembiasaan Di Kota Banjarbaru.
17Pengembangan Bahan Ajar Topik Teori Kinerik Gas pada Mata Kuliah Termodinamika untuk Melatihkan Penalaran Proporsional dalam Setting Pengajaran Langsung.
18Desain dan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Termodinamika untuk Melatihkan Keterampilan Penyelesaian Masalah (Problem Solving) dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa.
19Kajian Dinamika tari dan sastra ritual pertunjukkan aruh dayak meratus di kabupaten hulu sungai tengah di provinsi alimantan selatan.
20Implementasi kebijakan pendidikan karakter berbasis pembiasaan di kota banjarbaru.
Institusi Dalam Negeri Di Luar Kemdiknas/Kementerian Lain Terkait
NoJudul
1Aktivitas Makan dan Jenis Pakan Bekantan ( Nasalis larvatus ) di Pulau Bakut Kabupaten Barito Kuala
2Aktivitas Pergerakan dan Jarak Jelajah Harian Bekantan ( Nasalis larvatus Wurmb) di Pulau Bakut Kabupaten Barito Kuala
3Analisis Butir Soal UAS Mata Pelajaran PPKn di SMPN Kabupaten Balangan.
4Evaluasi Program Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Siswa SD di Kabupaten Balangan
5Experiences of African-Americans as Reflected in Richard Wright’s Native Son 1940
6Jarak jelajah harian dan aktivitas pergerakan Bekantan ( Nasalis larvatus ) di Pulau Bakut Kabupaten Barito Kuala.
7Kajian Efektifitas Pemberian Insintif Bagi Guru Daerah Terpencil Di Kabupaten Banjar
8Kajian Kebijakan Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah
9Kajian Nilai Keekonomian Area Reklamasi PT Adaro Indonesia
10Kajian Tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rerata Lama Sekolah di Kabupaten Banjar
11Keragaman Capung di Area PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Plant-12
12Pemantauan Flora dan Fauna di Areal Reklamasi PT Adaro Indonesia Semester I
13Pemantauan Flora dan Fauna di Areal Reklamasi PT Adaro Indonesia Semester II
14Pemantauan Flora Dan Fauna Hutan Kota Kabupaten Tabalong
15Pembuatan Sumur Bor di Kelurahan Guntung Payung Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan
16Pembuatan Sumur Bor di Kelurahan Guntung Payung Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan
17Pengembangan Industri, Koperasi, UKM Di Hulu Sungai Utara
18Peran serta masyarakat pada daerah rawan bencana di Provinsi Kalimantan Selatan
19Perbandingan Aktivitas Harian Bekantan ( Nasalis Larvatus Wurmb) di Taman Wisata Alam Pulau Bakut dan Pusat Rehabilitasi Sahabat Bekantan Indonesia
20Sebaran dan Status Bekantan (Nasalis larvatus) di Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan
21Sistem Inovasi Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan
22Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Berbasis Kearifan Lokal di SDN Daerah Bantaran Sungai Kabupaten Barito Kuala
23Strategi peningkatan profesionalisme guru dalam meningkatkan penelitian tindakan kelas (PTK) dan publikasi ilmiah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan
24Struktur Populasi Bekantan ( Nasalis larvatus ) di Pulau Curiak Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan
25Pemantauan Flora Dan Fauna Hutan Kota Kabupaten Tabalong (ada belum di print).
26Keragaman Capung di Area PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Plant-12 (ada).
27Jarak jelajah harian dan aktivitas pergerakan Bekantan (Nasalis larvatus) di Pulau Bakut Kabupaten Barito Kuala.
28Upaya mengembangkan aspek bahasa (menjawab pertanyaan yang lebih komplek) menggunakan picture and picture di kombinasikan dengan metode bercakap-cakap di kelompok B TK AlKautsar Kab Banjar.
29Upaya Mengembangkan Aspek Fisik Motorik Halus Mengkoordinasikan Mata dan Tangan Untuk Melakukan Gerakan Yang Rumit Menggunakan ModelExamplesNon Examples Dikombinasikan Model Kooperatif Dan Metode Pemberian Tugas Kelompok A Tk Muning Jaya Lestari Banjarbaru.
30Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak (Menyusun Menara dari Kubus Minimal 8 Kubus) Melalui Model Direct Instruction di Kelompok A Tk Keramat Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
31Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan 1 Sampai 10 Melalui Model Make A Match Di Kelompok A RA Ubudiyah Kabupaten Tanah Laut.
32Kajian Perkembangan Musik Panting di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.
33Analisis Teoritik Terhadap Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sendratasik FKIP ULM.
Institusi luar negeri
NoJudul
1Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Daerah Bantaran Sungai Barito Propinsi Kalimantan Selatan
2Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Berbasis Kearifan Lokal di SDN Daerah Bantaran Sungai Kabupaten Barito Kuala (Tahap I)

PENELITIAN FISIP

  
Tahun 2016
Pembiayaan Sendiri Oleh Peneliti
NoJudul
1Implementasi Perda No.1 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Dana Zakat pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Banjarmasin
2Efektivitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin
3Efektivitas Pelayanan Keluhan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih
4Implementasi Kebijakan Perda No. 32 tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan dan Pengelolaan Persampahan/Kebersihan di Kota Banjarbaru
5Kinerja Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) unit IKK Tabukan Dalam Kegiatan Penyediaan Air Bersih Kabupaten Barito Kuala
6Kualitas Pelayanan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) studi pada unit Pelaksana Teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kecamatan Banjarmasin Barat
7Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas LokBaintan Kabupaten Banjar
8Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga pada Kantor Kecamatan Tanah siang Selatan Kabupaten Murung Raya Kalteng
9Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Puskesmas Pekapuran Raya Kec. Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin
10Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Balangan
11Implementasi Perda Kota Banjarmasin Nomor 8 tahun 2013 tentang Kesehatan Ibu, Bayi Baru Lahir, Bayi dan Anak Balita
12Intensifikasi Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala
13Implementasi Program Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) PT PLN (Persero) Rayon Ahmad Yani Kota Banjarmasin
14Efektivitas Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Puskesmas Kayu Tangi Kota Banjarmasin
15Implementasi Peraturan Daerah Nomor 21 tahun 2011 tentang Pengelolaan Persampahan/Kebersihan dan Pertamanan di Kelurahan pelambuan Kota Banjarmasin
16City Branding Banjarmasin Baiman melalui media sosial
17Personal Branding Anies Basweda melalui media Facebook dan Twitter : Studi Grid Analisis Citra pada masyarakat Banjarmasin Usia 17-24 Tahun
18Grup Facebook Abekani (an)Lover: Fixated Consumption Behavior dan tendensi pada ketergantungan media social
19Political Clientelism in Central Kalimantan Evidence of Decentralization and Democratizion Problems in Lokal Region
20Digital Communication in The Age of Pokemon Go! (Study in Pokemon Go! Community Palembang South Sumatera)
21Penerapan E-Commerce pada UMKM Sulam air guci di Kalimantan Selatan
22Kritik dan Pesan Sosial dalam Buku (Analisis Isi Kualitatif pada Positif! Nada untuk asa karya Ita Sembiring)
23Imperialisme Budaya dalam Media
24Opini Masyarakat tentang Pemberitaan Perseteruan KPK dan POLRI di Media Televisi (Studi Kasus pada pemberitaan Calon Tunggal Kepala Kepolisian Republik Indonesia Budi Gunawan
25The Meaning of trade for the dayak etnic people of south Barito central kalimantan, (An analysis In The Adaption Trading Style Comuunication and the use of verbal Language)
26PR On The Net dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Dua Arah Antara Humas Pemerintah Dengan Publik Eksternal
27Strengthening Social Value In Eliminating Pornomedia
28Self Disclosure Chef Agus Sasirangan Di Media Sosial Instagram
29Ekonomi Politik Media Cetak di Kalimantan Selatan
PT/Yayasan Yang Bersangkutan
NoJudul
1Perencanaan Pembangunan di Desa Antasan Segera Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala
2Community Relations Perkebunan Kelapa Sawit Tanah Rawa di Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan
3Representasi Gender dalam aktualisasi diri perempuan dibalik keterbatasan (analisis EDFAT foto berita perayaan kartini di rutan Pondok Bambu pada media online republika.co.id dan kompas.com)
4Strategi Komunikasi Dalam Penguatan Kapasitas Kelembagaan Pada Pengelolaan Lahan Gambut Melalui Peningkatan Sumberdaya Manusia Di Sektor Pertanian Kalimantan Selatan 2016
Kemdiknas/Kementerian lain terkait
NoJudul
-
Institusi Dalam Negeri Di Luar Kemdiknas/Kementerian Lain Terkait
NoJudul
1Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2016
2Strategi Penanggulangan Kemiskinan daerah Kota Banjarmasin
3Pemetaan Potensi Konflik Di Kabupaten Tanah Bumbu Propinsi Kalimantan Selatan
4Kajian Partisipasi Politik Masyarakat Kota Banjarbaru dalam Pemilu
5Studi Kelayakan Calon lokasi Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil di Dusun Rakutat Panaan Kab Tabalong
6Kajian Interventarisasi Potensi Investasi Kabupaten Kotabaru
7Penyusunan Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah, Kabupaten Banjar 2016
8Implementasi Pemekaran Kecamatan Tanjung 2016
9Strategi Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Kebakaran Lahan dan Kabut Asap di Area Kelapa Sawit Kalimantan Selatan 2016
10Studi Kebutuhan Pembentukan Perusahaan Daerah Pasar 2016
11Survey Indeks Kualitas Penyiaran Televisi Tahun 2016

PENELITIAN FAKULTAS TEKNIK

  
Tahun 2016
Pembiayaan Sendiri Oleh Peneliti
NoJudul
1The Effectiveness of Charcoal Powder Size In Biogas Purification
2Analisis Diameter Gelembung pada Kerugian Tekanan Aliran Fluida
3Pengaruh Diameter Gelembung Hidrogen Terhadap Penurunan Tekanan (Pressure Drop) pada Saluran Tertutup Segi-Empat
4Studi Performansi Air Bersih Pada Peta Kendali
5Aplikasi Teknologi Digester untuk Pengolahan Human Manure, Sampah Organik dan Limbah Cair Domestik di Asrama Mahasiswa Kota Banjarabaru Kalimantan Selatan
6Utilization of Fly Ash, Palm-Pressed Fibers, and Empty Fruit Bunches of Oil Palm in Lightweight Concrete
PT/Yayasan Yang Bersangkutan
NoJudul
1Strategi Penawaran dengan Model Friedman untuk Proyek Bangunan Gedung di Kota Banjarbaru
2Kajian Keruntuhan Bangunan Beton Bertulang (Studi Kasus Proyek Renovasi Kolam Renang dan Fasilitas Penunjang Tahun 2015 di Kecamatan Pelaihari, Tanah Laut)
3Pengaruh Penambahan Kapur dan Fly Ash terhadap Sifat Fisik dan Teknik Tanah Gambut yang mengalami Kekeringan
4Permodelan Castelled Beam dengan Metode Elemen Hingga pada Sistem Struktur Balok Komposit
5Investigasi Bahaya Toksisitas Abu Batubara PLTU Asam–Asam yang digunakan sebagai Material Konstruksi
6Studi Penanganan Banjir Kawasan Cempaka Banjarbaru secara Holistik
7Studi Pengaruh Vegetasi sebagai Upaya Peredaman Laju Peningkatan Suhu Udara Perkotaan
8Karakteristik Ruang Jalan di Kota Banjarmasin
9Konsep Konservasi Kawasan Pusaka untuk Melestarikan Rumah Bubungan Tinggi Telok Selong
10Identitas Permukiman Tepian Sungai Berbasis Tipomorfologi Hunian
11Pengembangan Teknologi Tepat Guna Pembuatan Briket Batubara Karbonisasi dan Non Karbonisasi sebagai Energi Alternatif
12Eksplorasi Keterdapatan Mineral dan Batuan untuk Pendayagunaan Batu Permata di Kec. Bati-bati dan Sekirtarnya, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Provinsi Selatan
13Studi Keterdapatan Mineral Pada Endapan Laterit di Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan
14Pemanfaatan Limbah Tongkol Jagung sebagai Katalis Karbon Tersulfonasi dan Aplikasinya pada Hidrolisis Tepung Kulit Pisang
15Pemanfaatan Cangkang Telur dan Tandan Kosong Sawit sebagai Katalisator pada Proses Produksi Biodiesel
16Investigasi Kandungan Alumina Tanah Lempung Gambut Kalimantan Selatan melalui Proses Ekstruksi
17Evaluasi kinerja Sistem RBC (Rotating Biological Contactor) di IPAL Lambung Mangkurat : Pengaruh Variasi Waktu Tinggal Terhadap Efisiensi Penurunan Kadar BOD
18Evaluasi Pergerakan Besi Terlarut di Saluran Primer dan Sekunder Unit Reklamasi Terantang menggunakan Model OTEC (One-dimensional Transport with Equilibrium Chemistry)
19Kinerja Sistem dan Analisis Komunitas Bakteri pada Sistem Lahan Basah Buatan Aliran Horisontal Bawah Permukaaan yang Mengolah Air Asam Tambang Batubara
20Desain Dan Pengujian Kinerja Instalasi Pengolahan Air Gambut Menjadi Air Bersih Menggunakan Proses Gabungan Koagulasi-Adsorpsi Dengan Pembubuhan Secara Bersama
21Pemanfaatan Serat Serabut Kelapa Sawit dan Limbah Paduan Aluminium (Al) untuk Pembuatan Biometal Al Matrix Composites (MMCs) sebagai Bahan Gesek Alternatif Rem Tromol
22Prediksi Kualitas Hasil Hutan Lahan Basah menggunakan Back Propagation
23Smart Home Monitoring “Pendeteksi Dini Kebakaran yang Terintegrasi dengan Aplikasi Smartphone dan Media Sosial”
24Analisis dan Desain Dinding Geser Berpasangan dengan Berbagai Variasi Balok Kopel menggunakan Metode Elemen Hingga dan Studi Eksperimental Mortar Mutu Tinggi
25Kajian Indeks Kekeringan pada Lahan Gambut Desa Sie Ahas Kalimantan Tengah
26Studi Identifikasi Profil Pelapukan Batuan Breksi Vulkanik Fformasi Pitanak di Desa Mandi Kapau Timur Kec. Karang Intan, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan
27Hubungan Interpretasi Fasies dan Lingkungan Pengendapan Batubara dengan Variasi Kandungan Mineral Daerah Kab. Ulu, Kalimantan Timur
28Dekomposisi Tar Hasil Proses Pirolisis Cangkang Sawit menggunakan Katalisator Bijih Besi Kualitas Rendah
29Eksperimen dan Model Ekstraksi Aluminium dari Lumpur Pengolahan Air
30Pengaruh Serbuk Magnesium terhadap Kerugian Tekanan Aliran pada Saluran Tertutup Segi Empat
31Pemanfaatan Tanaman Purun Tikus ( Eleocharis dulcis ) sebagai Filler Komposit Papan Partikel
32Studi Pemanfaatan Tanah Gambut sebagai Energi Alternatif melalui Teknologi Pembriketan
33Model Optimasi Proses Mixing pada Instalasi Pompa Zona Air Minum
34Pemanfaatan Tandan Kosong Kelapa Sawit dan Serat Kelapa Sawit untuk Pembuatan Gasohol (Premium-Bioetanol) dengan Pretreatment Lignocelulotic Material dan Fermentasi Menggunakan Ragi Tape dan NPK
35Model optimasi proses mixing pada instalasi pompa zona air minum
36Pemodelan Hubungan Antara Pembangkitan Limbah Material dan Pemborosan di Dalam Pekerjaan Kontruksi
37Studi Pemanfaatan Tanah Gambut sebagai Energi Alternatif melalui Teknologi Pembriketan
38Uji Eksperimental Performa Motor Bakar Diesel Dengan Bahan Bakar Hasil Katalis Limbah Cair CPO (Crude Palm Oil) Campur Solar
Kemdiknas/Kementerian lain terkait
NoJudul
1Pemanfaatan Fly Ash, Serat Serabut dan Tandan Kosong Kelapa Sawit untuk Pembuatan Dinding Beton Ringan Pracetak Tulangan Anyaman Bambu dengan Agregat Cangkang Kelapa Sawit sebagai Dinding Rumah Panggung Dilahan Rawa
2Pemanfaatan Paduan Al (Scrap) Sebagai Bucket Turbin Pelton Menggunakan Metode Pengecoran Evaporative
Institusi Dalam Negeri Di Luar Kemdiknas/Kementerian Lain Terkait
NoJudul
1Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dengan Memanfaatkan Aliran Air Void Bekas Lahan Tambang

PENELITIAN FAKULTAS MIPA

  
Tahun 2016
PT/Yayasan Yang Bersangkutan
NoJudul
1Kendali Optimal Pada Inventori dengan Model Permintaan Skokastik
2Permodelan Tingkat Kesejahteraan Penduduk Kabupaten Banjar dengan Pendekatan Geographically Regression
3Estimasi Parameter pada Model Logistik Pertumbuhan Penduduk Kota Banjarmasin
4Kendala Optimal Pada Inventori dengan Model Produksi Stokastik
5Uji Hipotesis dalam Regresi Semiparametrik untuk Data Hilang Menggunakan Metode Likelihood Empiris
6Korelasi Hasil Belajar Mata Kuliah Prasyarat Matriks dan Aljabar Linear Elementer Mahasiswa Angkatan 2014 pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lambung Mangkurat
7Komunikasi Matematis Tulis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Menggunakan Penggaris dan Busur
8Profil Glukosa Darah Tikus Putih Setelah Pemberian Ekstrak Minyak Ikan Patin ( Pangasius hypopthalmus ) sebagai Alternatif Antidiabetes
9Analisis Kandungan Total Fenolik, Total Flavonoid, dan Aktivitas Anti Oksidan Ekstrak Etanol Daun dan Buah Mengkudu ( Murinda citrifolia L )
10Analisis HKSA (Hubungan Kuantitatif Struktur - Aktivitas) AntiBakteri Senyawa Turunan Asam Sinamat Terhadap Staphylococcus aureus
11Struktur Anatomi dan Kerapatan Kelenjar Minyak
12Pengaruh Ekstrak Etanol Daun Binjai ( Mangifera caesia ) terhadap Kadar Glukosa Darah dan Kolesterol Total Tikus Hiperlipidemia
13Analisis Komponen Minyak Atsiri dari buah Kasturi ( Mangifera casturi )
14Inventarisasi Kelimpahan Lalat Buah (Diptera:Tephritidae) pada Tanaman Kasturi ( Mangifera casturi) di kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar
15Permodelan Tingkat Kesejahteraan Penduduk Kabupaten Banjar dengan Pendekatan Geographically Regression
16Efek Hipoglikemik Dekok Daun Gaharu ( Aquilaria microcarpa Bail ) pada Tikus Putih yang di induksi Aloksan
17Klasifikasi Berbasis Objek pada Citra Satelit Resolusi Tinggi
18Pertumbuhan dan Kemampuan Kelakai dalam Penyerapan Fe Lahan Kritis Cempaka
19Studi Optimasi Performansi Divais Sel Surya Berbasis Cu(In;Ga)Se 2 (CIGS)
20Kendali Optimal Pada Inventori dengan Model Permintaan Skokastik
21Pengaruh Suhu Sintering Terhadap Sifat Mekanik Bahan Keramik Berbasis Lempung dan Sekam Padi
22Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation untuk Prediksi Kelulusan Mahasiswa (Studi Kasus : Mahasiswa S1 Ilkom UNLAM)

PENELITIAN FAKULTAS KEDOKTERAN

  
Tahun 2016
Pembiayaan Sendiri Oleh Peneliti
NoJudul
1Hubungan usia dengan derajat dehidrasi pada pasien anak balita diare akut di RSUD Ulin Banjarmasin
2Identifikasi jenis bakteri aerob penyebab diare pada balita di Bantaran Sungai Kuin Banjarmasin
PT/Yayasan Yang Bersangkutan
NoJudul
1Efektivitas jeruk nipis, belimbing wuluh dan lidah buaya sebagai antiseptik tangan. Tinjauan in vitro perbandingan daya hambat sediaan cair jeruk nipis, belimbing wuluh dan lidah buaya dalam menghambat pertumbuhan bakteri tangan pada tangan siswa-siswi sekolah dasar negeri alalak utara banjarmasin
2Pengaruh pemberian ikan seluang terhadap perbaikan stres oksidatif otak pasca malnutrisi. Tinjauan terhadap kadar superoksid dismutase (sod) dan hidrogen peroksida (h2o2) tikus putih rattus norvegicuss
3Pengaruh pemberian bioaktif the epigallo cathecin gallat (egcg) terhadap stres retikulum endoplasma pada kultur sel huvec yang dipapar tnf alfa
4Modifikasi protein pada trombosis darah akibat kadmium melalui reduksi asam amino sistein, tirosin, dan triptofan in vitro
5Bioaktivitas Insect Growth Regulator (IGR) Fraksi Larut Heksan Eksrak Etil Asetat Biji Mimba terhadap Aedes aegypti
6Hubungan antara petanda tumor cea dan sitologi rutin dari tumor ovarium jenis epitelial
7Hubungan jarak rumah terhadap cerobong asap pabrik karet dengan pola penyakit ispa. Tinjauan pada frekuensi dan derajat keparahan ispa pada balita di wilayah puskesmas pelambuan banjarmasin
8Gambaran testis mencit jantan yang terpapar ikan asin berformalin dan yang tidak terpapar ikan asin berformalin
9Hubungan kadar natrium serum dengan skor nihss pada pasien stroke di rsud ulin banjarmasin
10Uji efektivitas ekstrak daun dan kulit jeruk nipis (citrus aurantifolia l.) Pada larva aedes a. Sebagai vektor demam berdarah
11Ekspulsi cacing pada mencit yang di infestasi telur trichuris muris dosis rendah dan dosis tinggi
12Hubungan kualitas bakteriologi air sungai dengan bakteri swab tangan penyebab infeksi diare pada siswa-siswi sekolah dasar alalak utara banjarmasin
13Uji mpn coliform sampel air dari sumber air minum warga di bantaran sungai desa astambul seberang kecamatan astambul kabupaten banjar
14Perbandingan memori spasial dan kadar estrogen hippocampus tikus model menapause dengan tikus menapause alami
15Hubungan jumlah trombosit, kadar hematokrit dan hemoglobin darah dengan derajat klinik demam berdarah dengue (dbd) pada pasien anak rsud ratu zalecha martapura tahun 2015
16Pengaruh intensitas latihan fisik terhadap jumlah eritrosit
17Hubungan status gizi ibu hamil berdasarkan ukuran lila dengan berat badan lahir di puskesmas sungai pinang kabupaten banjar
18Perbandingan kadar low density lipoprotein (ldl) dan high density (hdl) darah antara perokok aktif dengan non perokok
19Jumlah eosinofil setelah latihan aerobik ringan dan sedang pada remaja
20Efek kadmium terhadap pembentukan hemoglobin terglikasi in vitro
21Efek lansoprazol dan omeprazol terhadap kerusakan oksidatif hepar in vitro
22Aktivitas enzim myeloperoksidase pada saliva bayi yang beresiko sepsis
23Kadar asam urat sebagai biomarker kejadian preeklampsia dan ekslampsia di bagian obstetri dan ginekologi fk unlam rsud ulin
24Efek sianida terhadap kerusakan membran eritrosit in vitro
25Gambaran tingkat pengetahuan orangtua siswa slb darma praja banjarmasin tentang gejala dan penularan infeksi cacing kremi
26Struktur plica transversalis calon proximalis mencit setelah ivestasi telur trichulis muris peroral
27Pengaruh pemberian inhibitor stres retikulum endoplasma 4-pba terhadap kadar biomarker kalsifikasi vaskuler mgp dan bmp4 pada kultur sel huvec yang dipapar tnf alfa
28Studi In Silico Potensi Ekstrak Akar Pasak Bumi Sebagai Antikanker Pada Kanker Prostat
29Pola Bakteri Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Pasien Urolithiasis dan Nonurolithiasis
30Kuantitas dan Kualitas Sel Darah Selama Proses Penyimpanan
31Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelulusan Uji Kompetensi Pada Mahasiswa Program Profesi Dokter Di FK UNLAM PERIODE FEBRUARI DAN MARET 2016
Kemdiknas/Kementerian lain terkait
NoJudul
1Upaya menurunkan risiko diabetes mellitus akibat pajanan kadmium melalui suplementasi ekstrak kelakai ( stenochlaena palustris ) dalam usaha penemuan obat tropika baru
2Potensi ikan seluang (Rasbora spp) sebagai sumber nutrisi pencegah stunting studi eksprimental pada tikus Rattus novergicus
3Pemanfaatan ekstrak jeruk nipis (citrus aurantifol) sebagai biolarvasida terhadap nyamuk DBD
4Pengembangan indikator kesembuhan penyakit TB Paru di wilayah lahan basah kota Banjarmasin (studi pedampingan pengawas menelan obat program DOTS pada keluarga inti)
5Pemodelan analisis perbedaan faktor risiko penularan TB Paru akibat perilaku social dan lingkungan pada petani dan non petani
6Kajian budaya perilaku masyarakat dan faktor risiko kejadian skabies di kota Banjarbaru
7Efek pemberian ikan seluang terhadap perbaikan sel-sel otak tikus model autis yang induksi endosulfan
Institusi Dalam Negeri Di Luar Kemdiknas/Kementerian Lain Terkait
NoJudul
1Uji Toksisitas Ekstrak Daun dan Akar Tumbuhan Gemor sebagai antidiabetes

PENELITIAN FAKULTAS KEHUTANAN

  
Tahun 2016
PT/Yayasan Yang Bersangkutan
NoJudul
1Kajian Etnobotani Tumbuhan Berkasiat Obat Pada Masyarakat Pesisir di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan
2Model pengembangan Ekowisata Hutan Mangrove Di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan
3Pemetaan Daerah Rawan Kebakaran/Lahan Pada Lahan Basah Di Kecamatan Gambut dalam Upaya Pengendalian Kebakaran Berbasis Masyarakat
4Pendugaan Cadangan Karbon dan penyerapan emisi CO2 pada tanaman jelutung rawa (Dyera pollyphylla Mig. Steenis) dengan beberapa kelas umur di Kalimantan Tengah
5Strategi Adaptasi Masyarakat Desa Hutan Dalam Menghadapi Perubahan Dan Alih Guna Kawasan Hutan Rawa Gambut Menjadi Kawasan Perkebunan Kelapa Sawit Di Kabupaten Barito Kuala
6Strategi Pengembangan Ekowisata Lahan Basah Pesisir Pantai Batakan Di Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan
Kemdiknas/Kementerian lain terkait
NoJudul
1Model Kolaboratif Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pembelajaran Dalam Pengelolaan Sumberdaya Hutan (Studi Pada Lahan Hutan Rawa Di Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi Kuala Lupak)
2Model Resolusi Konflik Pengelolaan Sumberdaya Hutan Pada Ekosistem Lahan Basah Melalui Pemberdayaan Masyarakat ( Studi Kasus Pada Kawasan Konservasi Suaka Margasatwa Kuala Lupak dan Cagar Alam Pulau Kaget, Kalimantan Selatan)
3Optimalisai Pengelolaan dan Pemanfaatan Kayu Gelam (Melaleuca cajuputi) Dari Hutan Rawa Gambut Di Kalimantan Selatan Dalam Upaya Peningkatan Produksi dan Pelestarian
4Pembangunan Hutan Percontohan Tanaman Aren (Arenga pinnata Merr.) Berbasis Masyarakat di Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan UNLAM Mandiangin Kalimantan Selatan
5Pengaruh Campuran Limbah Kayu Rambai dan Api-Api Terhadap Kualitas Briket Arang dan Biopellet sebagai Energi Alternatif dari Lahan Basah Kalimantan Selatan
Institusi Dalam Negeri Di Luar Kemdiknas/Kementerian Lain Terkait
NoJudul
1Social Mapping Penyusunan Program CSR
2Kajian Kebakaran Hutan dan Lahan Serta Upaya Pengendalian BErbasis Kemitraan
3Perjanjian Pemberian Jasa Penelitian Keragaman Capung di Area IUP Plant 12 PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.
4Eksplorasi Pengetahuan Lokal Etnomedisin Dan tumbuhan Obat Berbasis Komunitas Indonesia
5Penelitian Avifauna di Area IUP Plant 12 PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Tahap IV
6Pemetaan Sosial di 9 (Sembilan) Desa Binaan Plant 12 Tarjun
7Pemantauan Flora dan Fauna di areal Reklamasi PT. Adaro Indonesia
8Implementasi Pencegahan Kebakaran Lahan Berbasis Desa di Sekitar Perkebunan Kelapa Sawit PT. Bersama Sejahtera Mukti, PT. Langgeng Muara Makmur dan PT. Laguna Mandiri
9Penyusunan Proposal Teknis Ekowisata/Tahura Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan

PENELITIAN FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN

  
Tahun 2016
Pembiayaan Sendiri Oleh Peneliti
NoJudul
1Analisis Ekonomi dan Pemasaran Ikan Betok ( Anabas testudineusbloch ) di BBI Kambitin Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan
2Fotoperiode Budi Daya (pertumbuhan dan kelangsungan hidup) Benih Ikan Patin Siam ( Pangasius hypophthalmus )
3Penambahan Spirulina platensis Ke Dalam Media Kultur Massal Moina Sp. Dan Pengaruhnya Terhadap Laju Pertumbuhan Populasi
4Identifikasi Spesies Karang Beras di Kawasan Konservasi Perairan Daerah Kabupaten Kotabaru
PT/Yayasan Yang Bersangkutan
NoJudul
1Makanan Fungsional Filtrat albumin Sebagai Diversifikasi Hasil Olahan Ikan Gabus
2Efektifitas Coating Kitosan Dari Cangkang Limbah Budidaya Kepiting Soka ( Scylla Sp) Dalam Menghambat Bakteri Pembentuk Histamin Pada Fillet Ikan Tongkol ( Euthynnus Affinis )
3Formulasi Tepung Biji Teratai Pada Produk Biskuit Sebagai Bahan Pangan Pencegah Diare
4Valuasi Ekonomi Kawasan Agrowisata Rawa Danau Panggang Kalimantan Selatan
5Model Pengembangan Ekowisata Hutan Mangrove Dikab. Tanah Bumbu Kalsel
6Manajemen Stok Sumberdaya Ikan Seluang Ekor Merah ( Rasbora Lateristriata, Bleeker 1854) Di Wilayah Hulu Sungai Barito Kalimantan Selatan
7Respon Terumbu Karang Alami dan Fragmen Karang terhadap Gradien Pengaruh Daratan Kab.Tanah Bumbu (Tahun II)
8Produksi Pakan Ikan Papuyu ( Anabas testudineus bloch) Berbasis Potensi Lokal Lahan Basah Tepung Kalakai (S tennochlaenapalutris )
9Dinamika Kualitas Air dan Kecenderungan Perubahannya Untuk Pengelolaan Budidaya Perikanan Karamba Berbasis Daya Dukung Perairan di Sub DAS RiamKanan
10Pengembangan Perikanan Budi Daya Rawa dengan Pakan Buatan Alternatif Berbasis Bahan Baku Gulma Air dalam Upaya Mendukung Ketahanan Pangan (Ketua)
11Rehabilitasi Lahan Basah dengan Pendekatan Ekologis Ekosistem Mangrove di Muara Sungai Barito Provinsi Kalimantan Selatan
12Analaisis Pengembangan Ekowisata Bahari dan Budaya Pulau Kerayaan Kabupaten Kotabaru
Kemdiknas/Kementerian lain terkait
NoJudul
1Makanan pendamping ASI instan sebagai diversifikasi hasil olahan ikan gabus
2Kajian Aktivitas Tinta Cumi-cumi Sebagai Bahan Pengawet Alami Pada Produk Hasil Perikanan
3Model Kolaboratif Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumberdaya Hutan (Studi pada Lahan Hutan Rawa di Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi Kuala Lupak)
4Optimalisasi Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Perairan Rawa Danau Bangkau Kalimantan Selatan tahun ke 3
5Teknik Hybridisasi Dari Filogenetik Meristik Dalam Upaya Pemuliaan Ikan Betok ( Anabas Testudineus Bloch 1792)
6Pengembangan Perikanan Budidaya Rawa dengan Pakan Buatan Berbasis Bahan Baku Gulma Air Dalam Rangka Mendukung Ketahanan Panagan
7Limbah Pabrik Kelapa Sawit untuk Produksi maggot ( Black soldier fly ) Tahun II
8Perencanaan Wilayah pada Kegiatan Penyusunan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP-3-K) Provinsi Kalimantan Selatan)
9Pengembangan Teknologi Bikultur Anemon Laut-Kerang Lola untuk Memberdayakan Masyarakat Pesisir dan Pengutan Ekonomi Maritim (Tahun Pertama)
Institusi Dalam Negeri Di Luar Kemdiknas/Kementerian Lain Terkait
NoJudul
1Kegiatan Pelaksanaan Izin Lingkungan Pulau G Jakarta
2Survey Batimetri, Pasang Surut dan Substrat Dasar Laut di Lokasi Rencana Pelabuhan PT Borneo Industri Terpadu, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Selatan

PENELITIAN FAKULTAS PERTANIAN

  
Tahun 2016
Pembiayaan Sendiri Oleh Peneliti
NoJudul
1Analisis Usahatani Bawang Daun di Kelurahan Landasan Ulin Utara Kec. Lianganggang Kota Banjarbaru
2Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Partisispasi Petani Karet Dalam Kegiatan KUD Rawa Subur di Desa Mantimi Kec. Batu Mandi Kab. Balangan
3Kematian mencit putih jantan ( mus musculus ) yang diberi berbagai jenis umpan mengandung umbi gadung ( Dioscorea hispida ) di laboratorium
4Model Partisipasi Petani Karet dalam Kegiatan KUD Rawa Subur di Desa Manlimia Kecamatan Batumandi Kabupaten Balangan
5Classification and Morphology of The Exotic Fruits in South Kalimantan.
6Utilization Of Water Plants As Media To Lower Raw Water Salinity Consumed By PeopleIn South Kalimantan.
7Pemilihan Tanaman Peneduh Jalan dan Lingkungan di Kalimantan Selatan sebagai Penyerap Polusi Kabut Asap.
PT/Yayasan Yang Bersangkutan
NoJudul
1Pemetaan kemasaman tanah dan penyakit blast pada pertanaman padi sawah lahan lebak di Desa Ampukung Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong
2Model Penerimaan Teknologi Budidaya Padi Organik di Lahan Pasang Surut Kalimantan Selatan
3Uji Formulasi Integrasi Kompos dan Endofit Terhadap Pertumbuhan Padi Lahan Basah.
4Pengembangan Jelutung (Dyrra sp) secara In Vitro0i Lahan Basah.
5Development of Important and Commercial Endemic Tree Species at Peat Swamp Forests in Supporting Tree Plantations
6Inklusi Pengkayaan Caroten dan Vitamin A Teh Murbai dan Tepung Daun Pepaya Terhadap Perbaikan Profil Kolesterol Plasma dan Telur Itik Tambak Alabio Rawa.
7PengembanganTeknologiPengendalian Hama dan Penyakit Terpadu Pada Tanaman Pisang Di LahanRawa
8Desiminasi Dan Program Pembangunan Biru
9Pemanfaatan Abu Batubara untuk Peningkatan Produksi Padi dan Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca pada Lahan Basah Sub-optimal
10Kajian Prospek Pengembangan Usaha Ternak Itik di Desa Ampukung, Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong
11Inklusi Pengkayaan Caroten dan Vitamin A Teh Murbai dan Tepung Daun Pepaya Terhadap Perbaikan Profil Kolesterol Plasma dan Telur Itik Tambak Alabio Rawa
12Pengembangan Teknologi Pengendalian Hama dan Penyakit Terpadu Pada Tanaman Pisang Di Lahan Rawa
Kemdiknas/Kementerian lain terkait
NoJudul
1Eksplorasi dan perbanyakan massal nematoda entomopatogen Steinerma spp. Lahan basah pada tanaman sawi
2Fertilitas Semen Kerbau rawa (Bubalus bubalis carabanensis) Yang Diencerkan Dengan Pengencer Nira Aren
3Hama dan Penyakit Tanaman Pisang di lahan Rawa
4Isolasi dan Karakteristik Isolat Plant Growth Promoting Rhizobakteria (PGPR) dalam Mengendalikan Penyakit Bintil Akar (Meloidogyne spp) serta Memacu Pertumbuhan Tanaman Tomat
5Kajian Prospek Pengembangan Usaha Ternak Itik di Desa Ampukung, KecamatanKelua, Kabupaten Tabalong
6Modifikasi Tepung Kacang Nagara Melalui Fermentasi Bakteri Asam Laktat untuk Produksi Beras Analog Dalam Rangka Ketahanan Pangan
7Neksus Mutu Tanah dan Pertanian Berkelanjutan: Indeksasi Kualitas Tanah dan Eksplorasi Pertanian Bioenergi pada Lahan Terlantar Kalimantan Selatan
8Optimalisasi Pyrolisis Limbah Pertanian dan Pemanfaatan Hasilnya sebagai Pengawet Pangan dan Pembawa Bakteri Methanotrophs di Lahan Pasang Surut
9Pemanfaatan Bacilus thuringiensis Berliner yang Diisolasi dari Ekosistem Lahan Pasang Surut untuk Mengendalikan Ulat Pemakan Daun Sawi ( Plutella xylostella L.)
10Pemberdayaan Masyarakat Lokal dengan Pendidikan Vokasi Berbasis Industri Kelapa Sawit (Tahun 2)
11Pengembangan Vaksin terhadap protein dinding sel (Pasteurella multocida) untuk pengendalian penyakit Septikemia Hemoragika(kerbau rawa)
12Pengembangan formula pakan aditif itik alabio berbasis absorben aflatoksin dan fitifarmaka hipatoprotektif
13Pengembangan Padi Sistem Sawit Dupa di lahan Pasang Surut untuk Mendukung Ketahanan Pangan
14Pengembangan teknik pembibitan teratai (Nymphaea Pubescens Wild) melalui teknik konvensional in vivo sebagai upaya peningkatan produktivitas tumbuhan potensi pangan fungsional
15Pengembangan Teknologi Tepat Guna Budidaya Teratai (Nymphaea pubescens Willd.) Sebagai Bahan Baku Produk Pangan Olahan Biji Teratai.
16Pengembangan Teknologi Pra Panen dan Pasca Panen Pertanaman Nipah (Nypa fruticans) Untuk Opimasi produksi Nira MenjadiGula Merah dan Bio-Etanol
17Peningkatan Kualitas Sawit dengan Integrasi Mikroba Indigenous Pada Tanaman
18Peningkatan produktivitas peternakan kambing lokal melalui pengembangan wafer hijauan komplit berbasis limbah perkebunan sawit
19Perakitan padi unggul berkarakteristik umur pendek-sedang,pera,ramping,dan berdaya hasil lebih tinggi, berbasis mutasi varietas lokal pasang surut Kalimantan Selatan
20Produksi Massal dan Aplikasi Spodoptera pectinicornis s ebagai Agens Hayati Kayu Apu ( Pistia stratiotes L.)
21Produksi Olahan Sagu Instan Tersubstitusi Tepung Kacang Negara dengan Berbagai Varian Rasa dalam Kemasan pada Skala Industri Kecil
22Scientific Evidences of The Uses of Carica papaya Leaves as Jamu and Vegetable and Establishing a Validated Quantification Method (KLN tahun ke-2)
23Sistem Rotasi panen penyediaan hijauan sepanjang musim melalui model tiga strata termodifikasi
24Stabilisasi Bahan Organik untuk Peningkatan Bahan Organik Tanah pada Reklamasi Lahan Bekas Tambang (Tahun ke-2)
25Pengembangan Vaksin terhadap protein dinding sel (Pasteurella multocida) untuk pengendalian penyakit Septikemia Hemoragika (kerbau rawa) Thn 2
26Pengembangan formula pakan aditif itik alabio berbasis absorben aflatoksin dan fitifarmaka hipatoprotektif Thn 1
27Fertilitas Semen Kerbau rawa (Bubalus bubalis carabanensis) Yang Diencerkan Dengan Pengencer Nira Aren Thn 2
28Sistem Rotasi panen penyediaan hijauan sepanjang musim melalui model tiga strata termodifikasi (Thn II)
29Peningkatan produktivitas peternakan kambing lokal melalui pengembangan wafer hijauan komplit berbasis limbah perkebunan sawit (Thn I)
30Pemberdayaan Masyarakat Lokal Dengan PendidikanVokasi Berbasis Industri Kelapa Sawit
31Isolasi dan Karakteristik Isolat Plant Growth Promoting Rhizobakteria (PGPR) dalam Mengendalikan Penyakit Bintil Akar (Meloidogyne spp) serta Memacu Pertumbuhan Tanaman Tomat
Institusi Dalam Negeri Di Luar Kemdiknas/Kementerian Lain Terkait
NoJudul
1Analisis dan Penyusunan Pola Konsumsi dan Suplai Pangan Kabupaten Hulu Sungai Tengah
2Analisis Pengembangan Sumber Pangan Lokal dan Hortikultura di Kabupaten Balangan
3Dampak Alih Fungsi Lahan Sawah Pada Sentra Produksi Padi KalSel Dengan Model Penguatan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani Terdampak (Studi Berbasis Data Sensus Pertanian Tahun 2013) Tahun II
4Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan
5Evaluasi Program dari Kegiatan Pengembangan Ekonomi Lokal dan Daerah (PELD) Kab. Banjar
6Grand Design Pengembangan Greenhouse di Kota Banjarbaru
7Identifikasi dan Uji Efikasi Agen Pengendali Hayati Spesifik Lokasi
8Identifikasi Logam Berat (Hg) Pada Ikan yang Terdapat di Beberapa Sungai Kabupaten Tanah Laut
9Identifikasi potensi kawasan transmigrasi Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan
10Identifikasi Potensi Pemasaran Industri Karet Kabupaten Banjar
11Kajian Bisnis (Business Plan) Industri Pelet Ikan di Kab. Banjar
12Kajian Bisnis Industri Mini Kompon Karet di Kab. Banjar
13Kajian Dampak Faktor Eksternal dan Internal terhadap Kinerja Ekonomi Rumah tangga dalam rangka Peningkatan Kesejahteraan Pekebun pada Perusahaan Inti Rakyat Kelapa Sawit di Kalimantan Selatan
14Kajian Ekonomi Pengembangan Cabe Hiyung dan Bawang Merah di kabupaten Tapin
15Kajian Evaluasi Dampak Desa Mandiri Pangan di Kalimantan Selatan
16Kajian Instrumen Kerawanan Pangan Kronis pada Kegiatan SKPG di Propinsi Kalimantan Selatan
17Kajian Potensi Pengembangan Energi dari Limbah Usaha Peternakan di Kabupaten Balangan
18Kajian Prospek Pengembangan Usaha Ternak Itik di Desa Ampukung, Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong
19Kajian Sistem Kelembagaan Cadangan Pangan Masyarakat Pedesaan Untuk Mengurangi Resiko Kerawanan Pangan
20Kajian Tingkat Kesukaan Petani Terhadap Kedelai Lokal dan Impor DiKabupaten Kotabaru.
21Kegiatan Perbibitan Sapi Bali di Kabupaten Barito Kuala (Program Sentra Peternakan Rakyat atau SPR), Kalimantan Selatan (Ketua M. Rizal)
22Model Penguatan Ketahanan Pangan Rumahtangga Miskin Di Lahan Rawa Kalimantan Selatan dan Simulasi Kebijakannya (Penelitian PUPT Tahun 1)
23Pemanfaatan Abu Batubara untuk Peningkatan Efesiensi Aplikasi Bahan Organik pada Lahan Kering Mineral Masam
24Pemanfaatan Abu Batubara untuk Peningkatan Produksi Padi dan Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca pada Lahan Basah Sub-optimal (tahun ke 3)
25Pemanfaatan Limbah Kotoran Ternak Sebagai Biogas Di Desa Hauwai, Desa Teluk Masjid, Desa Sungai Awang Dan Sumber Rejeki Di Kabupaten Balangan
26Pemberdayaan Masyarakat Lokal Dengan Pendidikan Vokasi Berbasis Industri Kelapa Sawit
27Pemetaan Potensi Wilayah Dan Kesesuaian Lahan Bidang Pertanian Di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
28Pemetaan Potensi Wilayah dan Kesesuaian Lahan di Bidang Peternakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan
29Pemetaan Potensi Wisata Pasar Terapung Lok Baintan Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan Tahun II
30Pemetaan Sosial (Social Mapping) Desa-Desa sekitar Tambang PT Tunas Inti Abadi
31Pemetaan Sosial Di Desa Binaan PT. Antang Gunung Meratus Kabupaten Tapin dan Hulu Sungai Selatan.
32Pendugaan fungsi produsi dan fungsi keuntungan tanaman padi pada dua tipologi lahan rawa untuk efisiensi penggunaan input dan peningkatan pendapatan petani di Kalimantan Selatan (Tahun I)
33Pengelolaan Lahan melalui Kajian Logam Berat dan residu Pestisida di Lahan Pasang Surut Sebagai Pendukung Pertanian Organik Berkelanjutan
34Pengembangan Model Usahatani Terpadu Berkemandirian Bahan dan Energi Di Lahan Rawa Pasang Surut
35Pengembangan Padi Sistem Sawit Dupa di Lahan Pasang Surut Untuk Mendukung Ketahanan pangan
36Pengembangan Potensi Unggulan Daerah Kabupaten Tanah Laut
37Pengembangan Potensi Sumber Pakan Alternatif Kabupaten Banjar
38Pengembangan Teknologi Berbasis Endofit Indiginous Untuk Pengendalian Penyakit Utama Cabe Lokal Hiyung dan Peningkatan Produksi Pada Lahan Basah Marjinal
39Pengembangan Teknologi Pengendalian Hama Dan Penyakit Terpadu Pada Tanaman Pisang Di Lahan Rawa
40Pengkajian Produk Unggulan Ekonomi Lokal Kabupaten Tanah Laut
41Peningkatan Daya Saing Produk Kue Apam Dan Kue Lam Sebagai Strategi Menghadapi Era Perdagangan Bebas Masyarakat Ekonomi Asean (Mea)
42Peningkatan Kualitas Kelapa Sawit dengan Integrasi Mikroba Indigenous Pada Tanaman
43Penyusunan Profil Potensi Investasi Kabupaten Banjar
44Penyusunan Grand Desains Pendirian Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Banjarbaru
45Penyusunan Masterplan Komoditas Unggulan Tanaman Karet Kabupaten Banjar
46Penyusunan Masterplan Peningkatan Produktivitas Padi di Kabupaten Banjar
47Penyusunan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA) Kota Banjarbaru
48Penyusunan Profil Perkumpulan Petani Pemakai Air di Provinsi Kalimantan Selatan
49Penyusunan Profil sumberdaya pangan lokal non beras dalam rangka mendukung desa mandiri pangan di Propinsi Kalimantan Selatan
50Perilaku Ekonomi Rumah TanggaPetani Penerima Kredit dan Keterkaitannya Guna Keberlanjutan Permodalan Usahatani di Lahan Pasang Surut Kalimantan Selatan
51Seleksi Genotipe Bawang Merah Toleran Penyakit Bercak Ungu (Alternaria porri), Berdaya Hasil Tinggi (>24 Ton/ha) dan Beradaptasi Baik Di Lahan Gambut” di Provinsi Kalimantan Selatan
52Studi Kelayakan Lokasi Pendirianan RPH BAnjarbaru
53Sweet Potato, Local Cowpea, and Local Cowpea Sprout Flour Based Snack for Elementary School Students Nutritio Improvement
54UPSUS PAJALE
55Penyusunan Profil Potensi Investasi Kabupaten Banjar
56Penyusunan PetaKetahanan dan Kerentanan PanganFood Security and Vulnerability Atlas (FSVA) Kota Banjarbaru
57Kajian Evaluasi Dampak Desa Mandiri Pangan di Propinsi Kalimantan Selatan
58Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Desa-Desa sekitar Tambang PT Tunas Inti Abadi
59Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Program CSR PT Tunas Inti Abadi
60Pengembangan Potensi Unggulan Daerah Kabupaten Tanah Laut
61Pemetaan Potensi Wilayah dan Kesesuaian Lahan di Bidang Pertanian di Kab. HST
Institusi luar negeri
NoJudul
1.       Hydrophysics of peat as affected by water table fluctuation and residence time under different land uses of ombrotropic peatlands
2.       Kajian Dampak Faktor Eksternal dan Internal terhadap Kinerja Ekonomi Rumah tangga dalam rangka Peningkatan Kesejahteraan Pekebun pada Perusahaan Inti Rakyat Kelapa Sawit di Kalimantan Selatan
3.       Pengembangan Padi Sistem Sawit Dupa di Lahan Pasang Surut Untuk Mendukung Ketahanan pangan (Tahun II)
4.       Pengembangan Teknologi Berbasis Endofit IndiginousUntuk Pengendalian Penyakit Utama Cabe Lokal Hiyungdan Peningkatan Produksi Pada Lahan Basah Marjinal

PENELITIAN FAKULTAS PASCASARJANA

  
Tahun 2016
Pembiayaan Sendiri Oleh Peneliti
NoJudul
1The Role of Case-Study Research in Investigating Local-Government Accountability Reporting: Evidence from Indonesia
2Retracing the Early Development of Islamic Accounting in Indonesia: A Historical Perspective
3The Use of Accountability Reports and Accountability: Evidence from an Indonesian Local Government
4Keterkaitan Kewirausahaan Syariah Dengan Budaya Banjar Pada Pedagang Pasar Terapung Di Siring Tendean, Kota Banjarmasin - Kalimantan Selatan
5Hubungan Antara Kemampuan Manajerial dan Kepuasan Kerja dengan Kinerja Guru Di SDN Se Kabupaten Banjar
6Implementasi Pelibatan Keluarga Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Studi Kasus Dilembaga Paud Mawaddah Banjarmasin
7Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Pada SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin
8Semangat Kerja Guru SDIT Ukhuwah Menurut Orientasi Supervisi Kepala Sekolah
9Manajemen Pengembangan Kompetensi Dosen dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Pengajaran (Studi Kasus di STIKES Darul Azhar Tanah Bumbu)
10Hubungan Perilaku pengawas, Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi Guru dengan Efektivitas Organisasi SMP Negeri di Kota Banjarmasin
11Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam Di SD Islamiyah Banjarmasin
12Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Semangat Kerja Guru SD Negeri Se Kecamatan Kelumpang Hulu Kab. Kota Baru
13Hubungan antara Motivasi Kerja dan kecerdasan Spritual dengan Prestasi Kerja Guru MTs Swasta di kecamatan Banjarmasin Utara kota Banjarmasin
14Hubungan Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Pada SDN Di Kecamatan Astambul
15Kontribusi Iklim Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Muhammadiyah 10
16Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru SMK Swasta di Kota Banjarbaru
17Kinerja Tenaga Kependidikan Dan Pendidik (Studi Kasus Pada SDIT Ukhuwah Banjarmasin)
18Manajeman Kelas Di Kelas V SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin
19Pola Pendidikan Anak Masyarakat Dayak Di Era Globalisasi Daerah Hulu Sungai Barito Kab. Barito Kuala
20Hubungan Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Aluh-aluh Kabupaten Banjar
21The role of case- study research in investigating local-government accountability reporting: Evidence from Indonesia
22Retracing the Early Development of Islamic Accouting in Indonesia: A Historical Perspective
23The Use of Accountability Reports and Accountability: Evidence from an Indonesian Local Government
24Keterkaitan Kewirausahaan Syariah Dengan Budaya Banjar Pada Pedagang Pasar Terapung Di Siring Tendean, Kota Banjarmasin - Kalimantan Selatan
PT/Yayasan Yang Bersangkutan
NoJudul
1Pemetaan Lahan Pertanian Untuk Analisa Kebijakan Bidang Pertanian Terpadu di Daerah Bahaya Banjir Kab. Hulu Sungai Tengah.
2Makanan Fungsional Filtrat Albumin sebagai Diversifikasi Hasil Olahan Ikan Gabus ( Ophiocephalus Striatus ).
3Optimalisasi Pengelolaan Tanaman Aren (Arenga Pinnata) Berbasis Kearifan Lokal Menghadapi Ekspansi Perkebunan Kelapa Sawit (Simulasi Desa Papuyuan, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan).
4Strategi Penentuan Tarif Jasa Sewa Gerai Makanan dan Minuman Pada Bandara Syamsudin Noor Untuk Mendorong Volume Penjualan UKM & Layanan Bandara Kepada Publik
5Efektivitas Pemungutan Dan Strategi Pengembangan Pajak Hotel Dan Restoran Di Kabupaten Kotabaru
6Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Kualitas Hasil Pemeriksaan (Studi Pada Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan)
7Analisis Faktor-faktor Penentu Resiko Kerawanan Pangan Kabupaten Barito Kuala
8Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, IPM, Inflasi, Tk Pengangguran dan Melek Huruf terhadap Tk Kemiskinan di Kota Banjarmasin
9Pengaruh Pengungkapan Nilai Islami terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empriris pada Bank Umum Syariah di BEI)
10Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Keterlibatan Guru Dalam Pengambilan Keputusan Di Sekolah Dengan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Banjarmasin Timur
11Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru SDN Di Kecamatan Banjarmasin Utara
12Perencanaan Partisipatif dalam Peningkatan Profesionalisme Guru pada Sekolah Berprestasi (Studi Multi-Kasus SMKN 5 Banjarmasin, MAN 2 Banjarmasin, dan SMAN 7) Banjarmasin);
13Penguatan Building Capacity Masyarakat Pesisir di Kabupaten Tanah Laut
14Studi Penyebaran dan Rasio Guru Missmatch di SMA Negeri se Kabupaten Hulu Sungai Utara sebagai Upaya Penyediaan Data Dasar Penetapan Rekruitmen dan Penetapan Guru Baru
15Eksplorasi bentang Emas Hitam: Penambangan Batubara di Wilayah Pengaron, Distrik Riam Kiwa, Afdeeling Martapoera, tahun 1849 - 1859
16Gagasan Pengembangan Berpikir Historid Pada Pembelajaran Sejarah Di SMA
17Pengembangan Softskill Menulis dan Komunikasi Mahasiswa melalui Kuliah Jurnalistik
18Nilai-nilai Pendidikan Biografi Prof. Kustan Basri sebagai Sumber Pembelajaran IPS
19Kajian Tingkat Kesejahteraan Masyarakat di kota Banjarmasin Sebagai Suplemen Mata Kuliah Geografi Sosial
20Analisis kualitas Air dan Bakteri Fecal Coliorm di Sungai Kuin sebagai Belajar Mata Kuliah Hidrologi dan Lingkungan
21Analisis SWOT untuk Pengembangan Wisata Pasar Terapung Lok Baintan sebagai Sumber Belajar Geografi Pariwisata
22Identifikasi potensi air tanah pada sumur bor di lahan rawa sebagai suplemen materi kuliah hidrologi dan lingkungan
23Nilai-nilai kejuangan Masyarakat Banjar Periode Revolusi Fisik (1945 -1949) sebagai sumber belajar pendidikan IPS
24Strategi peningkatan Profesionalisme guru dalam meningkatkan penelitian tindakan kelas (PTK) dan Publikasi ilmiah di Kota Banjarmasin
25Pemetaan Laboratorium Alam IPS Pada Lahan Basah Di Kota Banjarmasin
26Analisis Faktor Pendukung Investasi Kab Hulu Sungai Selatan
Kemdiknas/Kementerian lain terkait
NoJudul
1Model Manajemen Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir Kawasan
2Penerapan Green Behavior : Pengelolaan Sampah Plastik Bagi Universitas Di Wilayah Kalimantan Selatan Menuju Go Green Campus Tahun ke 2
3Hubungan Antara Supervisi Kepala Sekolah Dan Komunikasi antar Pribadi Dengan Kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong
4Manajemen Sertifikasi Guru Dan Implikasinya Terhadap Profesionalisme Guru
5Analisis Implementasi Kebijakan Sekolah Gratis (Kasus Di SDN Dan SDN Kota Banjarmasin)
6Pengaruh Program Adiwiyata Terhadap Kognitif Afektif Dan Psikomotorik Lingkungan Hidup Siswa Di Sekolah Dasar Di Kota Banjarmasin
7Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja Guru, Komitmen Organisasi, Dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan Kinerja Guru-Guru Sekolah Dasar Di Kota Banjarmasin
8Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Karakter Tingkat SMAN Jurusan IPS di Kota Banjarmasin
9Strategi pengembangan Nilai-nilai Karakter Berbasis Kearifan Lokal di SDN Daerah Bantaran Sungai Kabupaten Barito Kuala (tahan I)
10Model Manajemen Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir Kawasan Pertambangan di Kabupaten Kotabaru
11Penerapan Green Behavior: Pengelolaan Sampah Plastik Bagi Universitas Di Wilayah Kalimantan Selatan Menuju Go Green Campus Tahun ke 2
Institusi Dalam Negeri Di Luar Kemdiknas/Kementerian Lain Terkait
NoJudul
1Kajian IPM Provinsi Kal-Sel
2Kajian IPM Kab. Balangan
3Kesiapan Tenaga Kerja Kalimantan Selatan dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN
4Kajian Potensi Pajak Daerah Kabupaten Tanah Laut
5Kajian Potensi Retribusi Daerah Kabupatan Tanah Laut
6Kajian Keberadaan Pasar Tradisional di Tengah Pasar Modern di Kota Banjarbaru
7Analisis Konsumsi Rumah Tangga Kalsel
8Evaluasi RPJMD Kabupaten Hulu Sungai Tengah
9Kajian Potensi PAD Kalimantan Selatan
10Pembuatan Sumur Bor di Kelurahan Guntung payung Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan
11Penumbuhan Dan Pengembangan Home Industri Berbasis Teknologi Tepat Guna
12Analisis Faktor-faktor Penentu Resiko Kerawanan Pangan Kabupaten Barito Kuala
13Naskah Akademis Rencana Umum Penanaman Modal Kabupaten HSS 2016-2025
Institusi luar negeri
NoJudul
1Pengembangan Model Untuk Meningkatkan Kompetensi Manajemen Bisnis Petani di Daerah Transmigrasi Berlahan Basah
2Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Daerah Bantaran Sungai Barito Tahun 2
3Formulasi Model Penerapan Good Corporate Governance bagi Industri Sawit Di Indonesia