SEMINAR NASIONAL TAHUN 2016 UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

image_pdfimage_print

poster15-copy-3Lingkungan lahan-basah adalah unggulan Universitas Lambung Mangkurat (ULM). ULM ikut bertanggung jawab terhadap kelestarian lahan-basah. Sebagai lembaga pendidikan tinggi, ULM tidak hanya harus mengenal secara mendalam karakteristik lahan-basah, tetapi juga harus memberi pahaman kepada masyarakat bahwa lahan-basah harus diperlakukan secara bijak agar memberi manfaat terus menerus.

Penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis lingkungan lahan-basah menjadi aspek penting dan sebagian bentuk tanggung jawab civitas akademika. Penyelenggaraannya harus berkesinambungan, karena ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni terus berkembang dan masyarakat yang bersentuhan dengan lahan-basah pun terus silih berganti, baik secara personal maupun generasi. Hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen harus didesiminasikan secara luas kepada peneliti, dosen, guru, praktisi, mahasiswa, dan masyarakat, sehingga hasil informasi dapat disebarluaskan.

Seminar nasional dengan tema “potensi, peluang, dan tantangan pengelolaan lingkungan lahan-basah secara berkelanjutan” di ULM merupakan kegiatan yang menghimpun makalah hasil penelitian dan pengabdian pada masyarat dari peneliti, dosen, guru, praktisi, mahasiswa, dan masyarakat yang dipresentasikan di forum peserta seminar. Kegiatan seminar melibatkan pemakalah utama, pemakalah pendamping, dan peserta terkait dari seluruh Indonesia.

TUJUAN

  1. Membangun komunikasi akademik antar peneliti, dosen, guru, praktisi, dan mahasiswa untuk memberikan pemikiran atau ulasan tentang temuan-temuan yang diperoleh dari penelitan dan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakannya.
  2. Mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dan/atau pemikiran atau ulasan tentang potensi, peluang, dan tantangan penglolaan lingkungan lahan-basah secara berkelanjutan yang telah dilakukan mahasiswa, dosen, guru, peneliti, dan praktisi

PEMAKALAH UTAMA

untitledProf. Dr. Ir. Hadi. S. Alikodra, MS.
(Guru Besar Fakultas Kehutanan IPB, Senior Advisor untuk keanekaragaman hayati dan manajemen satwa liar di WWF Indonesia, ahli bidang pelestarian alam, pembinaan margasatwa, dan konservasi hutan).

 

untitled-2Prof. Dr. Ir. Gt. H. Muhammad Hatta, MS.
(Guru Besar Fakultas Kehutanan ULM, Menteri Lingkungan Hidup periode 2009 – 2011, Menteri Riset dan Teknologi Periode 2011 – 2014, Pembina Konsorsium Riset Pengelolaan Tropis Berkelanjutan).

 

untitled-3Prof. Dr. agr. Mohamad Amin, S.Pd, M.Si.
(Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UM, Ahli bidang Biologi Molekuler, Kepala P3LHMBA Universitas Negeri Malang).

 

FORMAT MAKALAH

Formulir Pendaftaran Seminar (Isi disini)

Template abstrak (Unduh disini)

Template prosiding (Unduh disini)

 TOPIK KAJIAN

  1. Konservasi dan Biodiversitas
  2. Pertanian dan Ketahanan Pangan
  3. Bioteknologi
  4. Hukum dan Kebijakan
  5. Sosial, Masyarakat, dan Ekonomi
  6. Seni dan Budaya
  7. Kedokteran, Obat-obatan, dan Kesehatan
  8. Teknik, Industri, dan Pertambangan
  9. Sumber Daya Alam dan Energi Alternatif Terbaharukan
  10. Pendidikan dan Pembelajaran

WAKTU DAN TEMPAT

Kegiatan Seminar Nasional akan diselenggarakan pada Hari Sabtu, tanggal 05 November 2016.  Presentasi pemakalah utama pada Pukul 08.00 – 12.00 WITA dan Seminar Kelas Paralel pada Pukul 13.00 – 17.00 WITA. Tempat Barito Room Hotel Aria Barito Banjarmasin.

Poster Seminar Nasional (unduh di sini)

posterok-htel-aria

Email / FB                   : semnaslahanbasah.ulm@gmail.com

 Alur Pendaftaran Seminar Nasional (unduh di sini)

baru-alur-pendaftaran-semnas-ulm-lahan-basah-2

(unduh Brosur bagian depan disini)

(unduh Brosur bagian belakang disini)

Terima Kasih